6 Manfaat Minuman Fiber bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Minuman Fiber bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Minuman Fiber bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui-Freepik-

Sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome) merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang ditandai dengan gejala seperti nyeri perut, kembung, sembelit, atau diare. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat minuman fiber yang mencukupi dapat membantu mengurangi keluhan yang terkait dengan sindrom iritasi usus besar.

6. Mencegah Kanker Usus

Kanker usus adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dengan potensi merusak jaringan di sekitar usus. Meskipun penyebab pasti kanker usus belum sepenuhnya diketahui, pola makan yang rendah serat telah diidentifikasi sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan risikonya.

Itulah sebabnya penting untuk menjaga asupan serat yang cukup dalam pola makan guna merawat kesehatan saluran pencernaan dan menurunkan risiko terkena kanker usus. Selain itu, penerapan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, menjaga berat badan ideal, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol, juga sangat dianjurkan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak sekali manfaat minum fiber bagi kesehatan yang jarang diketahui. Dari kemampyannya untuk menurunkan berat badan hingga mencegah kanker usur, minuman fiber dapat menjadi asupan berharga dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: