6 Manfaat Minuman Fiber bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Minuman Fiber bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Minuman Fiber bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui-Freepik-

Bukan lagi suatu rahasia, salah satu manfaat minuman fiber yang paling terkenal adalah mampu mencegah dan mengatasi sembelit atau kesulitan buang air besar. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya dapat mengumpulkan massa tinja dan melunakkannya, membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar.

BACA JUGA:Resep Minuman Coklat Hangat Sederhana Untuk Menikmati Musim Hujan

BACA JUGA:10 Manfaat Infused Water, Minuman Sehat Gen Z!

3. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Di dalam sirkulasi darah, terdapat kolesterol berbahaya (LDL) yang dapat membentuk plak pada dinding pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan, dan pada akhirnya meningkatkan risiko serangan jantung.

Dalam hal ini, manfaat minuman fiber bagi kesehatan yaitu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara tertentu. Salah satu mekanismenya adalah melalui penghambatan penyerapan lemak di saluran pencernaan. Lemak yang tidak diserap akan dikeluarkan, mengakibatkan penurunan kadar kolesterol.

4. Menjaga Berat Badan

Mungkin Anda pernah mendengar tentang klaim bahwa minuman fiber dapat membantu menurunkan berat badan, dan hal ini bukan tanpa dasar. Faktanya, mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya serat dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama.

Dengan adanya sensasi kenyang yang lebih tahan lama, keinginan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan dapat berkurang. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa untuk mencapai berat badan ideal, penting untuk tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya dan rutin berolahraga.

BACA JUGA:Selain Teh dan Kopi, Inilah 5 Resep Minuman Hangat yang Cocok untuk Musim Hujan!

BACA JUGA:Rekomendasi Minuman Hangat untuk Menemani Musim Hujan Kamu

5. Mengurangi Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: