Jelang Nataru, KAI Commuter Latih Petugas Front Liner dalam Simulasi Tanggap Darurat

Jelang Nataru, KAI Commuter Latih Petugas Front Liner dalam Simulasi Tanggap Darurat

KAI simulasikan kondisi tanggap darurat di gerbong KRL, Dipo Depok, Kamis 14 Desember 2023-KAI Commuter-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - KAI Commuter laksanakan simulasi tanggap darurat dalam operasional Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) di Dipo Depok pada hari Kamis, 14 Desember 2023. 

Dalam latihan tersebut, para petugas front liner yang bertugas di Commuter Line mendapatkan pelatihan dan panduan untuk menangani penyelamatan penumpang saat terjadi situasi darurat selama perjalanan Commuter Line.

Petugas KAI Commuter dilatih dalam pemasangan tangga darurat untuk memperlancar proses evakuasi pengguna Commuter Line ke lokasi yang aman jika terjadi keadaan darurat. 

Selain itu, kegiatan ini juga mencakup latihan overstappen, yaitu proses mengevakuasi pengguna dari satu rangkaian Commuter Line ke rangkaian lainnya jika terjadi keadaan darurat di atas lintas jalur rel kereta.

BACA JUGA:Longsor yang Menutup Jalur Hilir KAI di Cilongok Berhasil Dibersihkan, Sudah Mulai Dilalui Kereta Api

BACA JUGA:Jumlah Kendaraan Diprediksi Akan Meningkat Saat Nataru, 13 Pos Pengaman Akan Didirikan di Cilacap

Anne Purba, Corporate Secretary KAI Commuter, menyatakan bahwa simulasi ini diselenggarakan sebagai persiapan menghadapi masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

“KAI Commuter lakukan persiapan-persiapan untuk mensukseskan masa angkutan tersebut. Selain pelaksanaan posko yang dimulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 nanti, KAI Commuter juga melakukan persiapan-persiapan dengan fokus pada segi keselamatan, keamanan dan pelayanan kepada pengguna Commuter Line,” ujar Anne.

Di samping itu, manajemen KAI Commuter secara berkala memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para petugas, mencakup standar operasional prosedur (SOP) kerja, keselamatan kerja, dan peningkatan kompetensi pegawai.

“Pembinaan dan pelatihan secara rutin ini dilakukan untuk memningkatkan layanan para petugas KAI Commuter terutama petugas di dalam perjalananan Commuter Line,” ucapnya.

BACA JUGA:Ketua DPRD Jateng Minta Pemprov Mengerem Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru

BACA JUGA:Pengawasan Makanan Minuman Jelang Nataru di Wangon, Persoalan Izin PIRT Mendominasi

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna selama periode Angkutan Nataru tahun ini, Anne mengungkapkan bahwa KAI Commuter akan mengoperasikan 1.100 perjalanan Commuter Line setiap harinya, mulai dari pukul 04.00 hingga 24.00 WIB. 

Seiring dengan hal tersebut, selama bulan Desember 2023, jumlah pengguna Commuter Line mencapai hampir 11 juta orang, dengan rata-rata 896.307 orang pada hari kerja dan 710.738 orang pada akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: