Efek Negatif Blue Light Pada Mata dan Kulit

Efek Negatif Blue Light Pada Mata dan Kulit

Dampak buruk dari paparan blue light pada kesehatan mata dan kulit.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Efek negatif dari terkan paparan blue light (cahaya biru) pada mata dan kulit dapat berujung pada kondisi yang serius. Contohnya, paparan blue light bisa berisiko menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Banyak orang yang belum tau dan masih beranggapan bahwa radiasi ultraviolet yang dapat berdampak negatif pada kulit hanya berasal dari paparan sinar matahari saja. Padahal paparan blue light juga dapat menimbulkan efek negatif. 

Blue light adalah gelombang cahaya yang terpancar dari layar perangkat elektronik, contohnya smartphone, laptop, tablet, hingga layar televisi. Lalu, apa efek negatif blue light pada mata dan kulit ? Simak informasinya di bawah ini!

Efek Negatif Blue Light Pada Mata dan Kulit

Berikut adalah penjelasan mengenai efek negatif blue light pada mata dan kulit: 

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja di Depan Komputer

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Semakin Parah

1. Kesehatan mata

Dalam jumlah besar, energi tinggi cahaya biru atau blue light dari layar perangkat elektronik dapat meningkatkan risiko penyakit mata. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran. 

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih banyak mengenai dampak layar digital terhadap mata. Para ahli berpikir kelelahan mata digital atau sindrom penglihatan komputer dapat mempengaruhi sampai 50 persen pengguna komputer yang memberikan gejala berupa mata kering, iritasi, dan penglihatan kabur.

Tak hanya itu, blue light juga dapat merusak retina dan memicu fototoksisitas. Jumlah kerusakan ergantung dari gelombang cahaya dan waktu paparan.

2. Kesehatan kulit

Blue light dari perangkat elektronik dapat menyebabkan perubahan pada sel kulit seperti penyusutan dan kematian sel. Kondisi ini dapat mempercepat proses penuaan.  

Terlalu banyak menerima paparan blue light juga dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit yang bisa menyebabkan  pembengkakan, kemerahan, dan perubahan pigmen pada seseorang dengan kulit lebih gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: