KNTI Cilacap Tampung dan Berikan Solusi Permasalahan Nelayan Seputar Perubahan Iklim

KNTI Cilacap Tampung dan Berikan Solusi Permasalahan Nelayan Seputar Perubahan Iklim

Ketua KNTI Cilacap Rosikin saat ditemui Radarmas setelah pengukuhan KNTI Cilacap, Selasa (12/12/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) CILACAP dibentuk, untuk menampung usulan serta permasalahan Nelayan seputar perubahan iklim bagi Nelayan tradisional.

Ketua KNTI Cilacap Rosikin mengatakan, KNTI akan mendampingi nelayan tradisional Cilacap di dalam meningkatkan pendapatan hasil melaut serta kesejahteraan keluarganya.

"Intinya KNTI bertujuan untuk mendampingi nelayan tradisional khususnya di Kabupaten Cilacap agar tercapai harapannya yaitu hidup sejahtera," katanya, Selasa (12/12).

Selain itu, KNTI nantinya akan menampung usulan para nelayan tradisional, pembudidaya perikanan, perempuan, pemuda pesisir, nelayan kecil dan masyarakat pesisir dari dampak perubahan Iklim dan dampak bagi kehidupan nelayan kecil.

BACA JUGA:Jaga Peluang Lolos 12 Besar, PSCS Cilacap Kandaskan Persekat Tegal

BACA JUGA:Pelaku Usaha Pariwisata di Cilacap Wajib Urus Perizinan Usaha Melalui OSS

"Setelah diidentifikasi dan didokumentasikan, selanjutnya usulan tersebut akan bersama-sama didiskusikan, dirumuskan lalu diusulkan ke KNTI Pusat agar mendapat solusi konkrit baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah," lanjut Rosikin.

Rosikin menambahkan, KNTI dibentuk untuk menyikapi perubahan Iklim ekstrim agar nelayan tetap bisa melaut, memberikan pendampingan, edukasi dan memberikan solusi, jalan keluar terkait permasalahan yang dihadapi nelayan.

"Didalam KNTI nanti akan bekerjasama dengan banyak pihak, karena didalam struktur organisasi terdapat banyak pengurus yang bergerak pada masing- masing bidang untuk menyelesaikan berbagai permasalahan nelayan tradisional," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: