Tanah Longsor di Kabupaten Garut, Truk Dilarang Lewat Jalur Lawang Angin

Tanah Longsor di Kabupaten Garut, Truk Dilarang Lewat Jalur Lawang Angin

Tanah Longsor di Kabupaten Garut-Polsek Banjarwangi for Radartasik-

Adapun berikut kegunaan tembok penahan tanah sebagai pencegahan tanah longsor agar mengetahui betapa berbahayanya ketika TPT ambruk:

  • Menjaga Kestabilan Lereng

Salah satu fungsi utama tembok penahan tanah adalah menjaga stabilitas lereng. Dengan adanya tembok penahan tanah yang dirancang secara tepat, tekanan dari tanah di atasnya dapat diatur dengan baik. 

Ini mencegah terjadinya pergeseran tanah yang dapat menyebabkan tanah longsor. Dengan kata lain, tembok penahan tanah berperan sebagai benteng yang menjaga integritas lereng.

  • Pencegahan Erosi Tanah

Tembok penahan tanah juga berperan dalam mencegah erosi tanah. Dengan menahan lapisan tanah secara efektif, tembok penahan tanah mengurangi risiko hilangnya tanah akibat air hujan atau tekanan air yang berlebihan. 

Ini penting karena tanah yang tererosi dapat menjadi penyebab langsung terjadinya tanah longsor.

BACA JUGA:Awal Penghujan, Bencana Tanah Longsor Berpotensi Tinggi

BACA JUGA:BPBD Banyumas Antisipasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor Jelang Akhir Tahun

  • Pengelolaan Air Hujan

Saluran air hujan yang tidak terkendali dapat menjadi pemicu tanah longsor. Tembok penahan tanah dirancang untuk mengarahkan aliran air hujan dengan baik. 

Dengan mengelola air hujan secara efisien, tembok ini membantu mencegah terjadinya penumpukan air yang dapat melemahkan lereng dan menyebabkan tanah longsor. (okt)

Artikel ini telah tayang di radartasik.com dengan judul “Truk Dilarang Lewat Jalur Lawang Angin, Kabupaten Garut karena Ada Bencana Alam Longsor”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: