BPBD Banyumas Antisipasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor Jelang Akhir Tahun

BPBD Banyumas Antisipasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor Jelang Akhir Tahun

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho-BPBD UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas mulai menyiapkan langkah antisipasi bencana tanah longsor dan banjir. Hal ini dilakukan jelang akhir tahun yang biasanya bencana tersebut terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Budi Nugroho mengatakan, koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi hal tersebut sudah dilaksanakan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak selaku pihak yang berwenang terhadap sungai di Banyumas," tuturnya.

Kesiapsiagaan sudah dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Pj Bupati. "Termasuk nanti kita bersihkan gorong-gorong untuk antisipasi, bersama dengan masyarakat," katanya.

BACA JUGA:Sungai Banjaran dan Kali Pelus Diusulkan Sebagai Lokus Pemasangan Alat Pendeteksi Bencana Dini di Banyumas

BACA JUGA:Waspada Bencana Tanah Longsor dan Banjir Bandang di Musim Kemarau

Selain itu, untuk daerah yang sudah ada retakan, akan dilakukan penanganan dengan menambal. "Seperti di Sumpiuh, Tambak hari ini kita terjunkan tim," ujar dia.

Beberapa titik yang sudah di petakan pada tanah longsor seperti di sebagian Baturraden, Sumbang, Kedungbanteng.

Sedangkan untuk banjir, ada beberapa titik yang diwaspadai seperti di daerah Timur Selatan. "Di situ ada kondisi di mana tinggi permukaan daratan dan air laut signifikan berbeda. Seperti di Nusadadi, Plangkaban, Tambak, Kemranjen," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: