Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah Cilacap

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah Cilacap

Jalanan Cilacap saat diguyur hujan.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah selama tiga hari kedepan, yakni tanggal 7 Desember - 9 Desember 2023.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan menjelaskan, masyarakat perlu mewaspadai angin kencang, kilatan petir, hingga banjir dan tanah longsor.

"Ada beberapa wilayah potensi Cilacap bagian barat dan bagian utara, seperti di Kawunganten, Kedungreja, Majenang, Sidareja, Gandrungmangu, Dayeuhluhur, Wanareja dan sekitarnya," katanya.

Dikatakan Rendi, saat ini suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah (Laut Jawa) sedang hangat. Selain itu, terdapat fenomena MJO yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan serta adanya gelombang Rosby di sekitar Laut Jawa dan lainnya. 

BACA JUGA:TJKPD dan Disparbun Kabupaten Cilacap Temukan Zat Berbahaya Pada Sayur dan Buah di Pasar Sidodadi

BACA JUGA:Lapas Karanganyar Nusakambangan Terima Tiga Narapidana Berisiko Tinggi Asal Lapas Pontianak

"Kondisi diatas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang," kata dia.

Pihaknya mengimbau, masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

"Jika langit mulai mendung gelap dan disertai petir sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan mengakibatkan bahaya sambaran petir. Masyarakat juga harus menjaga dan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Karena saat musim hujan harus mewaspadai merebaknya beragam penyakit menular," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: