Desa Klaces, Cilacap Ditetapkan Jadi Kampung Bahari Nasional

Desa Klaces, Cilacap Ditetapkan Jadi Kampung Bahari Nasional

Palaksa Letkol Laut (T) Kunarto saat melihat pengembangan kluster UMKM berupa produksi gula merah, Senin (4/12/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten CILACAP, dicanangkan menjadi Kampung Bahari Nasional (KBN) untuk mendorong kemandirian serta pengembangan desa tersebut.

Dalam Desa Klaces ada 5 fokus pengembangan atau kluster, yaitu Kesehatan, Ekonomi dengan pemberdayaan UMKM, Pendidikan, Pertahanan serta Pariwisata.

Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno melalui Palaksa Letkol Laut (T) Kunarto mengatakan, penetapan Desa Klaces sebagai KBN terdapat beberapa pertimbangan yaitu pada desa tersebut sudah terdapat Pos TNI AL.

"Memang Pos tersebut kita gunakan untuk pemantuan keamanan, melalui program KBN Pos tersebut kita perbaharui. Selain itu kita bangun dermaga serta pos pantau sehingga akan mempermudah untuk transportasi dan distribusi," katanya ketika di konfirmasi, Selasa (5/12/2023).

BACA JUGA:Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat Picu Inflasi Bulan November 2023 di Cilacap

BACA JUGA:Punya Potensi Tembakau, Petani Cilacap Terkendala Pemasaran

Selanjutnya untuk pengembangan sektor ekonomi, terdapat UMKM yang bergerak di bidang kain batik serta sentra gula merah, pihak Lanal Cilacap membantu menyosialisasikan untuk pemasaran 2 produk masyarakat Klaces tersebut.

"Untuk pelaku UMKM yaitu kain batik dan gula merah kita dorong pengembangannya, kita bantu pemasarannya untuk pengembangan sektor ekonomi," lanjutnya.

Untuk mendukung sektor pariwisata dibangun dermaga serta gapura pintu masuk ke Desa Klaces. Kemudian pada wilayah dermaga dilakukan pengerukan serta penghijauan.

"Kita percantik wilayah dermaga serta pintu masuk Desa Klaces, selain itu terdapat Gua Masigit Sela yang saat ini sudah kita renovasi untuk gapura masuk ke gua, pada waktu - waktu tertentu gua itu sangat ramai pengunjung," terangnya.

Sedangkan untuk kluster pendidikan, terdapat rumah pintar (Rupin) yang saat ini sudah diberikan penambahan beberapa properti seperti buku-buku baru, lemari serta kipas angin.

"Rupin sudah kita tambah fasilitas, untuk kluster kesehatan rutin diadakan pemeriksaan gratis bagi masyarakat desa Klaces," pungkasnya.

Peresmian KBN tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia, sedangkan untuk Kabupaten Cilacap dikuti secara virtual di Dermaga Klaces Kampunglaut Cilacap. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: