7 Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah, Pilih yang Paling Sesuai

7 Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah, Pilih yang Paling Sesuai

Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah-Urban Ag News-

Tanaman menyerap nutrisi dari lapisan ini. Kelebihan utama metode ini adalah efisiensi penggunaan air yang tinggi dan pertumbuhan tanaman yang cepat. Sayuran seperti selada dan mentimun sangat cocok untuk sistem ini.

BACA JUGA:Awal Tahun Lagi Cari Usaha? Yuk, Kepoin Analisa Bisnis Melon Hidroponik

BACA JUGA:Simak Keunggulan Budidaya Melon Hidroponik di Green House

3. Metode Wick 

Sistem Wick adalah metode hidroponik yang sederhana tanpa menggunakan pompa. Larutan nutrisi disalurkan ke akar tanaman melalui sumbu kapiler yang menghubungkan larutan nutrisi dengan tanaman. 

Meskipun metode ini sederhana, namun tidak cocok untuk tanaman yang membutuhkan kebutuhan nutrisi tinggi. Sistem Wick sering digunakan untuk tanaman hias dan herba.

4. Metode Drip

Metode Drip System melibatkan penggunaan sistem pipa dan selang untuk mengalirkan larutan nutrisi ke akar tanaman melalui tetesan yang terukur. 

Sistem ini memungkinkan kontrol presisi terhadap jumlah air dan nutrisi yang diberikan kepada tanaman. Drip system cocok untuk berbagai jenis tanaman, termasuk buah-buahan seperti tomat dan stroberi.

BACA JUGA:Keren, Melon Hidroponik di Lokasi Langganan Banjir jadi Rujukan Sekolah Adiwiyata

BACA JUGA:Manisnya Melon Hidroponik yang Dikelola BUMDes Nusadadi

5. Metode Aeroponik

Metode Aeroponik menciptakan lingkungan yang kaya akan oksigen dengan menyemprotkan larutan nutrisi secara langsung ke akar tanaman. 

Sistem ini meningkatkan serapan nutrisi dan mempromosikan pertumbuhan tanaman yang cepat. Metode ini umumnya digunakan untuk tanaman yang membutuhkan tingkat oksigen yang tinggi, seperti tanaman berbuah dan tanaman berakar dangkal.

6. Metode Wicking Bed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: