Simak Keunggulan Budidaya Melon Hidroponik di Green House

Simak Keunggulan Budidaya Melon Hidroponik di Green House

Sugiyono menjelaskan ke siswa sekolah dari Nusawungu, Cilacap tentang melon hidroponik di green house BUMDes Nusadadi, Sabtu (14/1) sore. -Fijri/Radarmas---

BANYUMAS-Green house melon hidroponik BUMDes Nusadadi Kecamatan Sumpiuh jadi rujukan sekolah adiwiyata. Green house bakal diaplikasikan lembaga pendidikan.

Ketua BUMDes Nusadadi Kecamatan Sumpiuh Sugiyono membeberkan sejumlah keunggulan budidaya melon hidroponik menggunakan green house.

"Budidaya melon hidroponik menjadi solusi di wilayah rawan banjir," jelas Sugiyono, Minggu (15/1).

Selain itu, masih ada keunggulan lain dari budidaya melon hidroponik. Diantaranya, melon bersih dan sehat karena rendah pestisida. Harga jualnya lebih mahal.

Melon juga lebih tahan lama ketimbang hasil yang ditanam secara konvensional di sawah. Selain itu, hidroponik hemat penggunaan air.

"Kita bisa mengatur asupan makanan untuk tanaman pada sistem hidroponik. Sehingga, bisa mendapatkan hasil maksimal termasuk tingkat kemanisan melon," imbuh Sugiyono.

Pengelola BUMDes Nusadadi tidak menyangka ide usaha di sektor ketahanan pangan yang mulanya dipandang sebelah mata menjadi rujukan lembaga pendidikan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: