7 Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah, Pilih yang Paling Sesuai

7 Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah, Pilih yang Paling Sesuai

Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah-Urban Ag News-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Saat ini banyak sekali petani modern yang merupakan generasi Z. Karena itulah informasi mengenai jenis metode penanaman hidroponik untuk sayuran dan buah banyak dicari warganet.

Pertanian hidroponik telah menjadi solusi inovatif dalam menghadapi tantangan pertanian konvensional.

Memanfaatkan larutan nutrisi yang kaya, tanpa tanah, metode hidroponik memberikan hasil yang luar biasa dalam pertumbuhan sayuran dan buah. 

Berikut informasi mengenai jenis metode penanaman hidroponik untuk sayuran dan buah yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Fakultas Pertanian Unsoed Berkolaborasi dengan CV Pesona21 Tingkatkan Variasi Produk Hidroponik

BACA JUGA:Budi Daya dan Wisata Petik Melon Hidroponik Menyokong PADes Nusadadi

Jenis Metode Penanaman Hidroponik untuk Sayuran dan Buah

Setidaknya ada tujuh jenis metode penanaman hidroponik untuk sayuran dan buah yang dapat kalian pilih sesuai lahan, modal, dan kepentingan lainnya.

1. Metode Kratky

Sistem Kratky adalah metode hidroponik yang sederhana dan cocok untuk pemula. Tanaman ditempatkan dalam wadah yang berisi larutan nutrisi, dan akar mereka menyerap nutrisi secara pasif. 

Keunikan dari sistem ini adalah bahwa volume larutan nutrisi berkurang seiring waktu, sehingga memerlukan pengisian ulang periodik. Sistem ini sangat efektif untuk tanaman yang membutuhkan keberadaan air, seperti selada dan bayam.

2. Metode NFT (Nutrient Film Technique)

Metode NFT adalah salah satu metode hidroponik yang paling populer. Sistem ini melibatkan penggunaan saluran tipis yang membawa larutan nutrisi ke akar tanaman dalam lapisan tipis di dasar saluran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: