Serangan Babi Hutan Meluas Jadi 45 Hektar

Serangan Babi Hutan Meluas Jadi 45 Hektar

Beregu : Tim berburu babi hutan saat bersiap membasmi babi hutan di salah satu wilayah di Purbalingga.-Perbakin Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Hingga saat ini serangan hama babi hutan ke lahan pertanian masih terjadi di wilayah pegunungan/atas. Wilayah itu berbatasan langsung dengan hutan produksi maupun hutan lindung kawasan perhutani.

"Total serangan saat ini mencapai total 45 Hektar. Rata-rata perkebunan di wilayah Utara Purbalingga," kata Kepala Dinas Pertanian, Mukodam, Minggu 3 November 2023.

Mukodam merinci, babi hutan menyerang lahan jagung di wilayah Kecamatan Karangjambu (Desa Purbasari) sekitar 10 hektar dan Desa Karangjambu sekitar 5 hektar. Berlanjut di Desa Tlahab Lor Kecamatan Karangreja sekitar 20 hektar.

Ia menerima informasi terbaru jika ada tambahan laporan serangan lahan jagung oleh hama babi hutan di Desa Jingkang (Karangjambu) sekitar 10 hektar, sehingga total serangan sekitar 45 hektar.

BACA JUGA:Babi Hutan Resahkan Petani Rembang

BACA JUGA:Tiga Jam Buru Kawanan Babi Hutan

"Selain menyerang tanaman jagung, juga ada sebagian tanaman sayur (wortel) di Desa Kutabawa yang diserang babi hutan," jelasnya.

Sedangkan wilayah lain yang juga berbatasan dengan hutan seperti Rembang, Karangmoncol, Kertanegara hingga saat ini tidak terjadi serangan babi hutan.

"Biasanya para petani melakukan upaya penghalauan / pengusiran dengan lebih sering ke lahan, juga ada yang melakukan perburuan dengan tembak senapan," tambahnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: