Dekranasda Dorong Batik Asli Cilacap Jadi Seragam ASN di Lingkup Pemkab Cilacap

Dekranasda Dorong Batik Asli Cilacap Jadi Seragam ASN di Lingkup Pemkab Cilacap

Beberapa kain batik asli Cilacap saat dipertontonkan dalam gelaran Cilacap In Fashion, Kamis (23/11/2023) lalu.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten CILACAP mendorong penggunaan batik khas CILACAP, untuk dijadikan seragam resmi bagi ASN di lingkup Pemkab CILACAP.

Hal tersebut diutarakan Pj Ketua Dekrasnada Cilacap Fitri Awaluddin Muuri kepada Radarmas di sela-sela kegiatannya, Jumat (1/12/2023).

"Salah satu upaya untuk mendukung UMKM daerah terutama batik adalah dengan membeli produk- produknya, kita akan berusaha komunikasikan hal ini dengan Pemerintah Daerah," katanya

Menurutnya, Dekranasda akan upayakan agar Pemkab membuat regulasi untuk penggunaan batik bagi ASN dan sifatnya wajib, sehingga produk UMKM batik lokal Cilacap secara otomatis akan terserap.

BACA JUGA:Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Cilacap Tiga Hari Kedepan

BACA JUGA:UMK Cilacap Ditetapkan Rp 2.479.106, Buruh Kecewa Kenaikan Tak Sebanding dengan Naiknya Harga Sembako

"Sehingga kedepan jika Pemkab Cilacap ada regulasi itu, tentunya membuat para perajin akan berlomba-lomba meningkatkan kualitas produknya," lanjutnya.

Fitri meyakini, dengan kepemimpinan Pj Bupati yang sekarang aturan atau regulasi tersebut akan terwujud karena selaras dengan 10 program yang akan Pj Bupati jalankan termasuk UMKM.

"Saya yakin 100 persen regulasi itu akan terwujud. Meski demikian kita juga menghitung jumlah perajin yang ada di Cilacap, karena saat ini kita baru punya batik tulis dan cap. Tapi saya meyakini sangat cukup," tandasnya.

Selain itu, untuk menunjang produksi bagi perajin Dekranasda sudah berkomunikasi dengan pelaku usaha, Perbankan serta stakeholder untuk pengadaan mesin digital printing bagi perajin.

"Ada beberapa yang sudah berikan lampu hijau dan kita sudah setorkan nama-nama perajin batik yang potensial. Sehingga mereka bisa salurkan dana CSR mereka untuk mendukung produksi UMKM batik lokal Cilacap," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: