Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Cilacap Tiga Hari Kedepan

Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Cilacap Tiga Hari Kedepan

Seorang pengendara melintas di tengah hujan di Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten CILACAP pada Jumat (1/12/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah pada 1-3 Desember 2023.

Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap ,Teguh Wardoyo mengatakan, hal tersebut berdasarkan data yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang.

"Terdapat cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Cilacap pada 01-03 Desember 2023. Cuaca ekstrem ini berupa hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan kilat," katanya.

Dikatakan Teguh, kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Yakni karena aktifnya Madden Jukain Oscillation (MJO) serta aktifnya gelombang atmosfer Rossby Ekuator di selatan pulau Jawa. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Cilacap, BPBD Siaga 24 Jam

BACA JUGA:Masa Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Cilacap Diperpanjang

"Kemudian juga adanya sirkulasi siklonik di utara pulau Jawa, hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah, kelembaban udara yang cukup tinggi juga menyebabkan curah hujan di wilayah Jawa Tengah," kata Teguh.

Sementara itu Plt Kalak BPBD Cilacap, Slamet Arif Praptomo, pihaknya terus melakukan monitoring disejumlah wilayah potensi bencana di Kabupaten Cilacap. 

"Hari ini kita monitoring di wilayah Cilacap timur yang punya potensi banjir. Dan hingga saat ini masih aman dan terkendali, ketinggian air juga masih aman," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: