Akhir Tahun, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Cilacap Masih Tinggi

Akhir Tahun, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Cilacap Masih Tinggi

Pedagang di Pasar Saliwangi Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga kebutuhan pangan masyarakat di sejumlah pasar tradisional CILACAP masih tinggi. Tingginya harga bumbu dapur ini sudah berlangsung sejak awal bulan November 2023.

Pada Kamis (30/11/2023), harga cabai rawit merah masih bertahan di angka Rp 82 ribu per kilogram. harga cabai merah besar Rp 56 ribu per kg, sedangkan harga cabai merah keriting Rp 63 ribu per kg.

Pedagang Pasar Saliwangi, Sari mengatakan, kenaikan harga cabai selain menjelang akhir tahun juga diakibatkan karena pasokan dari petani berkurang.

"Harga beras juga masih sama Rp 13 ribu - Rp 14 ribu per kg. Turun sedikit Rp 500 dari harga sebelumnya," katanya.

BACA JUGA:Masa Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Cilacap Diperpanjang

BACA JUGA:APBD 2024 Kabupaten Cilacap Defisit Rp 99,95 Miliar

Dia mengatakan, kenaikan harga cabai diprediksi akan turun hingga hari raya natal dan tahun baru berakhir. "Tahun-tahun sebelumnya seperti itu. Kenaikan akan terjadi sampai awal tahun," ujar dia.

Terpisah, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pangan dan Perkebunan (Dispabun) Kabupaten Cilacap Teguh Imam Purwanto, meminta para petani untuk tidak menjual beras ke luar daerah.

Hal ini dikarenakan, saat ini banyak beras yang ada di Cilacap keluar daerah. Sehingga menyebabkan ketersediaan pasokan semakin berkurang dan harga tinggi.

"Fenomena seperti ini saya harap tidak terjadi lagi. Beras-beras di Cilacap tidak banyak keluar, karena di Cilacap juga masih membutuhkan ketersediaan beras," kata dia. 

Namun, cadangan beras untuk masyarakat hingga akhir tahun dipastikan tercukupi. Pihaknya juga memastikan harga beras bisa tetap dijangkau oleh masyarakat di Kabupaten Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: