Seekor Hiu Tutul Ditemukan Terdampar di Pantai Welahan Wetan, Cilacap

Seekor Hiu Tutul Ditemukan Terdampar di Pantai Welahan Wetan, Cilacap

Hiu tutul terdampar di pinggir Pantai Welahan Wetan, Adipala, Cilacap, Rabu (29/11/2023).-Jumawan untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seekor ikan hiu tutul sepanjang lima meter ditemukan terdampar di Pantai Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten CILACAP pada Rabu (29/11/2023).

Hiu tersebut pertama kali ditemukan oleh nelayan sekitar pukul 05.00 WIB. Saat ditemukan hiu tersebut masih hidup. 

"Saya mendapatkan informasi tersebut dari aparat desa setempat. Kemudian menuju ke lokasi pukul 06.00 dan kondisi hiu sudah mati," kata Koordinator Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Jumawan. 

Jumawan mengatakan, pihaknya kemudian langsung melaporkan ke Dinas Perikanan Cilacap untuk melakukan tindak lanjut terkait hiu terdampar tersebut.

BACA JUGA:Petani di Desa Sidasari, Cilacap Semprot Pestisida Menggunakan Drone

BACA JUGA:APBD 2024 Kabupaten Cilacap Defisit Rp 99,95 Miliar

"Saat ini dari Dinas Perikanan sedang meluncur ke desa untuk mengevakuasi dan memindahkan hiu agar dikuburkan dengan alat berat. Kita tidak dapat mengevakuasi karena berat hiunya sendiri sekitar 2 ton butuh alat berat," kata Jumawan. 

Jumawan mengatakan, dia meminta nelayan setempat untuk menunggu di lokasi agar masyarakat tidak mengambil dan mengkonsumsi daging ikan hiu tersebut

"Saat ini warga sudah sadar dan tidak mengambil daging hiu. Kita sosialisasikan terus agar meraka tidak lagi mengkonsumsi daging satwa yang dilindungi," ujar Jumawan.

Menurut Jumawan, hiu tersebut sudah tiga, empat hari lalu terlihat di perairan Adipala. Namun  di tahun 2023 ini, baru ada satu penemuan hiu terdampar di perairan Cilacap.

"Berdasarkan keterangan nelayan setempat, sudah tiga, empat hari berkeliaran di pinggir pantai. Mereka mencari udang-udang lembut. Karena saat ini sedang musimnya, jadi hiu tersebut terlalu berenang kepinggir dan terkena gelombang sehingga tidak bisa kembali kelaut," (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: