Intip 7 Tips Memasak Rendang Agar Hasilnya Lebih Empuk dan Lembut

Intip 7 Tips Memasak Rendang Agar Hasilnya Lebih Empuk dan Lembut

IntipTips Memasak Rendang Agar Empuk dan Enak-Instagram @yzmalicious-

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Nasi Padang yang Sering Kalian Makan 

3. Pemilihan Daging

Pertimbangan awal yang penting adalah dalam memilih jenis daging. Disarankan untuk memilih bagian paha sapi bagian luar. 

Untuk melakukan tips memasak rendang yang satu ini, hendaknya memilih jenis daging yang sesuai. Hal tersebut perlu dilakukan karena dapat meningkatkan kelezatan rendang, membuatnya tetap utuh meskipun dimasak dalam waktu lama, dan memberikan tekstur yang lebih empuk serta lembut.

4. Pengolahan Daging

Proses pemotongan daging juga menjadi salah satu tips memasak rendang yang harus dilakukan dengan teliti. Lebih baik memotong daging dalam potongan yang cukup besar dan tebal. Pastikan juga untuk memotong daging searah dengan serat daging.

5. Memasak dengan Api Rendah

Sarankan untuk memasak rendang dengan menggunakan api kecil. Tips memasak rendang ini akan memberikan daging konsistensi yang lebih empuk dan lembut. Tetapi, perlu diingat bahwa memasak dengan api kecil akan memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga kesabaran ekstra diperlukan selama proses memasak.

BACA JUGA:Cegah Kolestrol Jahat Usai Makan Nasi Padang, Begini Caranya

BACA JUGA:Resep Sayur Nangka Kapau Makanan Khas Daerah Sumatera Barat

6. Membuat Daging Lebih Empuk dengan Nanas atau Daun Nangka Muda

Tips memasak rendangan yang berikutnya yaitu dengan menambahkan daun nangka muda ataupun nanas. Sebelum proses memasak, sebaiknya direbus terlebih dahulu daging yang akan digunakan untuk rendang bersama-sama dengan potongan buah nanas atau daun nangka muda. Kedua bahan alami ini memiliki manfaat untuk mempercepat keempukan daging, meningkatkan teksturnya menjadi lebih lembut, dan tetap menjaga rasa asli daging.

7. Tumis Bumbu Sebelumnya

Tumis bumbu terlebih dahulu sebelum menambahkan daging merupakan tips memasak rendang yang terakhir. Setelah bumbu mencapai setengah kematangan, barulah masukkan potongan daging. 

Cara ini diterapkan untuk memastikan bumbu matang secara merata bersama dengan daging, sehingga aroma rendang semakin memikat selera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: