Dihadapan Ratusan Masyarakat Banyumas, BPIP Minta Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan 3 Stansa

Dihadapan Ratusan Masyarakat Banyumas, BPIP Minta Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan 3 Stansa

Sosialisasi BPIP di Java Haritage, Selasa (14/11).-Mahdi Sulistyadi/Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ratusan masyarakat yang mengikuti sosialisasi pembinaan ideologi pancasila, diajak untuk kembali menghafalkan lagu Indonesia Raya dengan versi full. Hal itu disampaikan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan ideologi pancasila (BPIP) RI bersama Komisi II DPR RI, Selasa (14/11).

Direktur Pengkajian Impelementasi PIP BPIP RI, Dr Irene Camelyn Sinaga AP M.Pd mengatakan, belajar menjadi orang indonesia itu belajar dari sejarah juga.

"Kita harus membumikan nilai-nilai pancasila bukan hanya dari sila saja, juga lagu-lagu yang diciptakan oleh pendiri bangsa juga mengandung unsur harapan. Cita-cita berdirinya negara Indonesia ini," kata dia.

Dihadapan ratusan peserta itu, Ia menjelaskan, pada stansa pertama, persatuan itu harus diserukan dan disampaikan. Sedangkan pada stansa kedua, yaitu tentang mendoakan Indonesia. Dan stansa ketiga, yaitu berjanji akan menjaga Indonesia, maka selamatlah Indonesia.

BACA JUGA:Lagu Indonesia Raya Diputar, Warga Pasar Sumpiuh Hentikan Aktivitas Sejenak

BACA JUGA:Kemdikbud Terbitkan Edaran Wajib Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

"Pemerintah melakukan penguatan terhadap Indonesia Raya tiga stansa itu dalam UU nomor 24 tahun 2009 pasal 41, yaitu kalau menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga stansa. Kadang, kita melupakan sejarah kita," katanya.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Dito Ganinduto, M.BA, menyampaikan sosialisasi tersebut menjelaskan mengenai dasar-dasar  pancasila. "Itu harus selalu kita sampaikan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, dalam forum tersebut hadir juga sebagai narasumber Dr Ahmad Muttaqin, M.Si Dosen UIN Saizu Purwokerto, juga Ahmad Sabiq, S.IP., M.A, Dosen FISIP Unsoed, serta Agus Sunaryo, M.Si Dosen UIN Saizu Purwokerto. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: