Perwakilan Buruh di Cilacap Sambut Rapat Penentuan Upah 2024 dengan Aksi Massa

Perwakilan Buruh di Cilacap Sambut Rapat Penentuan Upah 2024 dengan Aksi Massa

Ilustrasi. Perwakilan buruh saat lakukan konvoi aksi masa tuntut kenaikan upah pada tahum 2019 silam-Joko Waluyo untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten CILACAP bersama Dewan Pengupahan berencana akan melakukan pembahasan terkait penentuan upah buruh untuk tahun 2024.

Hal itu diungkapkan Kepala Disnakerin Cilacap Dikdik Nugraha kepada Radarmas. Dia mengatakan, pihaknya akan mengundang berbagai pihak untuk membahas skema pengupahan.

"Kamis (16/11/2023) baru akan kita rapatkan. Tahap awal kita akan bahas mengenai tata tertib, landasan hukum dan lain-lain," katanya, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, direncanakan rapat penentuan upah akan dilaksanakan 3 kali. Ditargetkan akan selesai pada bulan November ini, sehingga pihaknya bisa membawa hasil putusan rapat ke tingkat provinsi.

"Agenda rapat kedua waktunya masih menyesuaikan. Sedangkan pembahasannya terkait usulan upah dari berbagai sektor. Ditargetkan pada akhir November putusan sudah ada, sehingga hasil tersebut bisa kita usulkan," terangnya.

BACA JUGA:Meski Belum Dibahas Dewan Pengupahan Cilacap, Serikat Pekerja Usulkan Kenaikan Upah 2024 Sebesar 15 Persen

BACA JUGA:Progres Pembangunan Cilacap Citimall Masih Proses Konsultasi Publik AMDAL

Sementara itu, Joko Waluyo selaku sekretaris DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak Gas, dan Umum (FSPKEP) mengatakan, pihaknya mendapat undangan terkait pembahasan upah tersebut.

"Kita dapat undangan, namun waktunya berbarengan dengan akan digelarnya aksi masa oleh para buruh terkait kenaikan upah serta PP Nomor 51 Tahun 2023," katanya.

Menurut Joko, pihaknya sudah berkirim surat dengan Pj Bupati Cilacap untuk beraudensi, namun hingga saat ini belum ada jawaban. Sehingga pihaknya merencanakan aksi massa.

"Perijinan sudah finish. Nanti titik kumpul di Pelabuhan, dilanjutkan dengan konvoi melalui jalan-jalan protokol dan akan terpusat di alun- alun Cilacap. Jumlah peserta sekitar 500 orang," tandasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: