Rp 12,66 M Untuk Benahi 633 Rumah Tak Layak Huni di Purbalingga

Rp 12,66 M Untuk Benahi 633 Rumah Tak Layak Huni di Purbalingga

SIMBOLIS : Bupati Tiwi dan jajaran saat acara Gebrak Gotong Royong, di Karangcegak Kutasari, Rabu 9 November 2023. (Foto Dinkominfo Kabupaten Purbalingga untuk Radarmas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Direktorat Jenderal Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan total Rp 12,66 miliar tahun 2023 ini. Bantuan itu untuk membenahi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Purbalingga. 

Bantuan itu direalisasikan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinrumkim) Kabupaten Purbalingga, Imam Hadi, menjelaskan pada tahun 2023 Kabupaten Purbalingga mendapatkan program BSPS sebanyak 633 unit.

"Besaran bantuan stimulan yang diberikan adalah Rp 20 juta untuk masing-masing penerima. Jadi total Rp 12,66 miliar lebih," rincinya, Kamis 9 November 2023.

Sedangkan untuk progres, pihaknya berkordinasi dengan fasilitator yang ditunjuk oleh Kementerian PUPR. Dinas tidak terlibat secara langsung. Namun dari laporan sementara, sudah berjalan sesuai sasaran yang diusulkan.

BACA JUGA:Lansia di Purbalingga Tinggal Sebatang Kara di Tengah Ladang, Jauh dari Pemukiman Penduduk

BACA JUGA:Pabrik Rokok di Purbalingga Sumbang Cukai Hingga Rp 300 M Lebih Per Tahun

Saat acara Gebrak Gotong Royong di Desa Karangcegak Kutasari, Rabu 8 November 2023 kemarin, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan, program BSPS merupakan bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang dilaksanakan dengan skema padat karya tunai (PKT).

Harapannya mampu mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat. Apalagi pelaksanaan bantuan BSPS dapat dilakukan secara bergotong-royong antarwarga.

"Alhamdulillah tadi pada saat melihat kegiatan BSPS, ternyata warga masyarakat Desa Karangcegak saat ini masih melaksanakan kegiatan gotong royong. Karenanya saya titip guyub rukun warga masyarakat dijaga. Kalau masyarakatnya kompak, insyaallah program-program apapun pasti bisa berjalan dengan lancar," ungkapnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: