Tak Tuntas Matikan Bara Api dari Tungku Kayu, Rumah Milik Warga Sidasari Kecamatan Sampang Cilacap Terbakar

Tak Tuntas Matikan Bara Api dari Tungku Kayu, Rumah Milik Warga Sidasari Kecamatan Sampang Cilacap Terbakar

Petugas Damkar saat berusaha memadamkan api yang membakar rumah milik warga Desa Sidasari Kecamatan Sampang, Minggu, 5 November 2023.-UPT Damkar Cilacap-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID, CILACAP - Rumah milik Musiam Rusli (68) warga Sidasari Kecamatan Sampang terbakar akibat tungku kayu yang digunakan untuk memasak air masih menyisakan bara api, Minggu 05 November 2023 sekitar pukul 19.30.

Dari keterangan saksi di lokasi kejadian, awalnya ketika sendang lewat dibelakang rumah korban melihar asap tebal dari dapur. Kemudian saksi meminta pertolongan ke warga sekitar untuk memadamkan api.

"Rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal keluar untuk membeli makan, selanjutnya saksi bersama warga mendobrak pintu untuk melakukan pemadaman," kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Senin, 6 November 2023.

Setelah berupaya melakukan pemadaman akan tetapi kobaran api tak kunjung padam sehingga salah satu warga menghubungi perangkat desa setempat dan dilanjutkan ke Pos Damkar Kroya.

BACA JUGA:Pamit ke Sawah, Kakek Warga Desa Karangsari Adipala Cilacap Ditemukan Meninggal Dunia

BACA JUGA:Jalan Kabupaten di Gentasari, Cilacap Masih Rusak

"Respon kami 15 menit setelah mendapatkan laporan. 5 orang petugas dibantu 4 orang relawan diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman," lanjut Supriyadi.

Setelah sekitar 1 jam api secara total berhasil dipadamkan oleh petugas kemudian dilanjutkan dengan proses pendinginan, overhoul serta pendataan.

"Penyebabnya bara api dari tungku kayu yang digunakan untuk memasak masih menyala dan menyambar serbuk kayu. Kerugian diperkirakan Rp 35.000.000,00," terangnya.

Selanjutnya, sebagai prosedur tetap diberikan sosilaisasi aplikasi Satkartaru SIAP beserta cara penggunaannya serta membagikan nomor Pos Damkar kepada masyarakat. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: