Jangan Salah Pilih, Ini Tips Membeli Rumah Pertama Untuk Pasangan Muda

Jangan Salah Pilih, Ini Tips Membeli Rumah Pertama Untuk Pasangan Muda

Jangan Salah Pilih, Ini Tips Membeli Rumah Pertama Bagi Keluarga [email protected]

- Rencanakan Budget

Tips ini perlu dicermati dan dilakukan agar keputusan membeli rumah tidak membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan pokok, maupun kebutuhan lain yang sebelumnya sudah ada. 

Jika memutuskan membeli rumah dengan pembayaran KPR, perlu diketahui biasanya bank memberi persyaratan cicilan KPR setiap bulannya maksimal sekitar 30% dari penghasilan bersih, baik pribadi ataupun gabungan dari suami istri

- Siapkan Biaya Lain-Lain dan Dana Darurat

Jangan sepelekan tips yang satu ini, Persiapkan dana untuk biaya lain atau dana darurat dalam bentuk cash agar lebih mudah. Dana ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang pengeluarannya tidak terduga. 

- Baca Kontrak Secara Cermat

Baca kontrak secara cermat jika ada istilah yang tidak Anda mengerti, tanyalah sampai jelas. Kamu dianjurkan harus sangat cermat dalam membaca berbagai macam kontrak atau surat-menyurat dan dokumen.

BACA JUGA:Mitos vs Fakta Sebelum Beli Galaxy A05 dan A05s, Kamu Harus Tahu Lima Hal Ini

- Pilih Sistem Pembayaran yang Terbaik

Kini tidak harus menggunakan cash,  Jika kamu memilih sistem pembayaran kredit, maka kamu harus memperhitungkan besar down paymet atau DP agar bisa memenuhi angsuran bulanan.

Kemudian KPR, Sejumlah bank menawarkan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan Kredit Pembelian Rumah atau KPR dengan skema cicilan beragam. Dalam hal ini, pembeli properti mengajukan kredit ke bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

- Bersihkan Rekam Jejak Kredit

Penting, Sebelum mengajukan aplikasi KPR kamu diharuskan untuk menjaga pola pembayaran semua tagihan setidaknya dua tahun sebelum aplikasi pengajuan KPR diterima oleh pihak bank.

- Pastikan Kelengkapan Dokumen dan Legalitas Rumah

Kamu sebagai calon pembeli wajib memeriksa kelengkapan dokumen dan legalitas rumah, seperti sertifikat, IMB, PBB, hingga skema pembayaran KPR yang sesuai dengan ketentuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: