Resep Rendang Sapi Makanan Khas Minangkabau, Sumatra Barat

Resep Rendang Sapi Makanan Khas Minangkabau, Sumatra Barat

RADARBANYUMADISWAY.ID-Rendang merupakan kuliner paling populer di Indonesia yang bahkan makanan ini sempat ditasbihkan sebagai makanan paling lezat di dunia.

Popularitas rendang meningkat pesat dengan budaya merantau masyarakat Minang, Sumatera Barat sampai rendang menjadi makanan yang digemari seluruh lapisan masyarakat.

Kata randang merujuk kepada teknik memasaknya atau yang bernama marandang, yang berarti mengolah dan mengaduk masakan dalam waktu yang lama sehingga dapat hasil masakan menjadi kering.

BACA JUGA:Penertiban Baliho dan Banner di Wilayah Kecamatan Maos, Cilacap, 68 Banner Ditertibkan

Ciri khas rendang ini yaitu diperlukan waktu memasak yang cukup lama bahkan hingga berjam-jam lamanya untuk mendapatkan cita rasa asli rendang Khas Minangkabau, Sumatera.

Dahulu biasanya masyarakat Minangkabau menyajikan masakan rendang pada saat acara kenduri, adat, dan sambutan tamu-tamu penting. 

Ada beberapa sumber mengatakan bahwa rendang sudah ada pada abad ke-18 yakni rentang tahun 1771-1779 berdasarkan pengamatan cara memasak kari asal India dan rendang asal Sumatra. Bahkan menurut Sutomo, melaporkan bahwa rendang sudah ditemukan pada abad ke-8 di Sumatra barat. 

Nah kemudian merujuk pada filosofi masakan rendang, seperti yang kita tahu bahwa durasi masak rendang sangat lama hingga berjam-jam lamanya merupakan ciri khas masakan rendang yang tidak dimiliki oleh kebanyakan masakan lainnya. Dari sini ternyata bagi masyarakat Minangkabau memiliki nilai filosofi tersendiri yakni, kesabaran, kebijaksanaan, dan ketulusan hati.

BACA JUGA:Penertiban Baliho dan Banner di Wilayah Kecamatan Maos, Cilacap, 68 Banner Ditertibkan

Harus kamu catat bahwa cara pengolahan daging untuk masakan rendang harus benar. Disamping itu bumbu rendang daging yang digunakan juga harus dengan takaran yang pas agar dapat menghasilkan rendang daging sapi yang bisa tahan lama, dan juga cita rasa yang sangat lezat Khas Minangkabau, Sumatera.

Resep Bumbu Rendang Daging khas Padang

Bahan-Bahan:

1 kg daging sapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: