SMK YPT 1 Purbalingga Sabet Juara 1 Festival Karawitan Banyumas

SMK YPT 1 Purbalingga Sabet Juara 1 Festival Karawitan Banyumas

Grup Karawitan Putra Madukara SMK YPT 1 Purbalingga berfoto bersama usai mengikuti Festival Karawitan Jawa Tengah 2023 di Auditorium UMP Purwokerto.--

PURBALINGGA- Grup Karawitan Putra Madukara dari SMK YPT 1 Purbalingga berhasil meraih juara 1 dalam Festival Karawitan Banyumas 2023 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Purwokert, 14 Oktober kemarin. Grup Karawitan Putra Madukara ini berhasil menyisihkan pesera lainnya dari SMA dan SMK se- Kepresidenan Banyumas. 

Grup Karawitan Putra Madukara dibawah bimbingan Bapak Sodik dan Bapak Arju ini membawakan iringan lagu Lancaran Siji Lima dan Ladrang Eling-Eling. Penampilan ini dibawakan dengan cukup rampak dan memukau pengunjung. Dewan juri akhirnya menetapkan Grup Karawitan Putra Madukara ini menjadi juara 1.

Kepala SMK YPT 1 Purbalingga, Drs Saryoni mengaku gembira denga. Prestasi dari Grup Putra Madukara tersebut. "Ini cukup menggembirakan. Ternyata, siswa-siswi SMK YPT 1 Purbalingga memiliki banyak keunggulan. Salah satunya di bidang seni budaya. Ini sekaligus bisa menjadi upaya dalam rangka nguri-uri seni budaya tradisional," tuturnya.

BACA JUGA:Terus Naik, Harga Gula Pasir di Purbalingga Capai Rp 15.700 Per Kilogram

BACA JUGA:Laga Kedua Piala Suratin U-17, Persibangga Bidik Kemenangan dengan Skor Besar

Perlu diketahui, SMK YPT 1 Purbalingga membuka sejumlah kegiatan ekstrakurikuler sebagai media pengembangan minat dan bakat siswa. Salah satunya adalah seni karawitan. Setiap Minggu, peserta ekskul karawitan mengikuti latihan rutin dibimbing oleh guru pendamping dari SMK YPT 1 Purbalingga dan juga pembimbing dari luar. 

Grup Karawitan Putra Madukara ini juga pernah tampil membanggakan diri Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah dalam ajang Festival Seni Pelajar Jawa Tengah 2022. Saat itu, Grup Putra Madukara tampil sebagai undangan. Dalam ajang ini, Grup Putra Madukara ini merupakan satu-satunya undangan yang berasal dari SMK swasta di Jawa Tengah. (bdg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: