Ketimbang Nganggur, Warga di Pekunden Diberdayakan di Pokja Bidang Pertanian

Ketimbang Nganggur, Warga di Pekunden Diberdayakan di Pokja Bidang Pertanian

Warga membersihkan bawang merah di Pokja Bidang Pertanian Desa Pekunden, Selasa (31/10/2023).-FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sekira 20an orang warga tidak menyiakan kesempatan untuk bekerja musiman membersihkan bawang merah di Pokja Bidang Pertanian Desa Wisata Kreatif Pekunden Kecamatan BANYUMAS.

"Dari pada menganggur di rumah, ikut kerja membersihkan bawang merah," kata Rosini, Selasa (31/10/2023) di sela aktivitas menggunting daun kering dan akar bawang merah.

Dalam sehari Rosini dapat membersihkan bawang merah sekitar 32 kilogram. Menurutnya, hasil tidak terlalu banyak. Karena kurang cekatan dibanding yang lain.

BACA JUGA:Uji Coba Sumur Bor di Kemranjen, Ada Warga Terdampak

Pengelola Pokja Bidang Pertanian menerapkan sistem upah borongan untuk warga yang bekerja membersihkan bawang merah. Upaya pemberdayaan masyarakat di desa wisata.

Terpisah, Pengelola Pokja Bidang Pertanian Sutrisno tidak membatasi jumlah warga yang ingin bekerja membersihkan bawang merah hasil panen. Sebab, semakin banyak yang terlibat maka lebih cepat rampung.

Bawang merah bersih telah ditunggu untuk dipasarkan. Pedagang ecer lokal sudah berdatangan melakukan pemesanan ke Sutrisno.

BACA JUGA:Dinkes Belum Temukan Kasus Cacar Monyet di Kabupaten Purbalingga

Pedagang ecer menjual kembali bawang merah diantaranya ke pasar rakyat di wilayah Banyumas. Produk lokal bersaing dengan bawang merah dari luar.

"Pedagang ecer permintaan rata-rata dua kuintal bawang merah," kata Sutrisno.

Pengunjung Desa Wisata Kreatif Pekunden juga dapat membeli bawang merah di Pokja Bidang Pertanian sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:Penjualan Benang Antih Tradisional Tumanggal di Purbalingga Turun 1 Ton Sebulan

Pokja Bidang Pertanian Desa Wisata Pekunden panen komoditas bawang merah pada Selasa (10/10/2023) lalu di lahan seluas 200 ubin. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: