Lahan Seluas 1 Hektare Dusun Bantarpanjang, Cilacap Terbakar

Lahan Seluas 1 Hektare Dusun Bantarpanjang, Cilacap Terbakar

Kebakaran lahan kembali terjadi di Dusun Bantarpanjang, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Minggu (29/10/2023).-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebakaran lahan kembali terjadi di Dusun Bantarpanjang, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten CILACAP pada Minggu (29/10/2023) pukul 08.30 WIB.

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari Herwanto (39). Saat itu, dirinya sedang membersihkan dan mengumpulkan daun kering dari atas tebing kebun dekat berada depan rumahnya.

"Setelah terkumpul tiba-tiba tanpa sepengatahuannya, anaknya yang berumur 5 tahun membakar daun kering yang berada di bawah lahan tersebut menggunakan korek api gas. Karena kondisi angin pada saat itu kencang  api dengan cepat menjalar ke daun daun disekitarnya sampai naik ke kebun yang berada di atas tebing," ujarnya, Senin (30/10/2023).

Supriyadi mengatakan, Herwanto bersama warga lainya yang ada disekitar langsung berusaha memadamkan api. Namun usaha penanganan darurat tersebut tidak berhasil karena medan lokasi yang terbakar berada di febing dengan kemiringan cukup terjal.

BACA JUGA:Kecamatan Kawunganten Jadi Wilayah Paling Parah Terdampak Kekeringan di Cilacap

BACA JUGA:Desa di Cilacap Rawan Narkoba, BNNK Cilacap Ajak Stakeholder Jadi Kota Tanggap Ancaman Narkoba

"Tebing cukup tinggi. Karena kejadian itu menyita sejumlah perhatian sekitar, dan melaporkan kejadian tersebut kepada para petugas dan relawan, untuk melakukan upaya pemadaman," ujarnya.

Supriyadi mengatakan, api baru padam sekitar 3 jam. "Pada pukul 11.40 WIB api dipastikan benar-benar padam. Luas area lahan kebun yang terbakar sekitar 1 hektare," kata Supriyadi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: