Tips Agar Kakak dan Adik Selalu Akur

Tips Agar Kakak dan Adik Selalu Akur

Tips bagaimana agar hubungan kakak beradik selalu akur yang perlu orang tua ketahui.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Memastikan agar anak-anak rukun mungkin merupakan salah satu tantangan terbesar bagi kita sebagai orang tua. Terkadang kita mungkin merasa hanya ingin agar mereka segera mengakhiri pertengkaran. 

Namun, jika kamu sebagai orang tua bisa meluangkan waktu dan berpartisipasi dalam hubungan anak-anak, itu mungkin akan membuahkan hasil. Di bawah ini adalah tips bagaimana agar kakak adik selalu akur yang bisa kamu terapkan di rumah. 

Tips agar kakak dan adik selalu akur yang bisa kamu terapkan dirumah:

1. Ajari anak untuk bergaul satu sama lain

Sebagai orang tua kita mungkin bisa saja kita menetapkan batasan berulang kali untuk melatih anak-anak agar mengetahui beberapa kata, agar sang anak bisa mengekspresikan apa yang sedang dia rasakan. Dengan begitu, masalah bisa diselesaikan dengan baik tanpa harus menyerang satu sama lain.

Terlebih lagi, keterampilan ini juga pasti akan berguna dalam setiap hubungan mereka seumur hidup. 

BACA JUGA:Acara TV Indonesia yang Lucu dan Tidak Membosankan, Cocok Untuk Tontonan Keluarga

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik, Cocok Untuk Liburan

2. Terapkan giliran agar tidak memaksa anak untuk berbagi

Buatlah aturan keluarga dimana bahwa saat keluarga sedang bermain di rumah, masing-masing anak dapat menggunakan hak mainan yang dia miliki selama yang dia mau sampai waktu makan berikutnyatiba.

Jika dia ingin membagi main tersebut dengan saudaranya sebelum itu, maka itu adalah pilihannya sendiri dan dia juga lah yang memutuskan kapan akan selesai dengan mainan itu.

3. Ciptakan suasana kebaikan dan penghargaan di rumah

Berikan anak-anak kesempatan untuk bersikap baik dan kesempatan untuk saling menghargai satu sama lain. Jadikan ini sebagai bagian normal dari kehidupan keluarga. 

Contohnya dengan cara menyiapkan toples kerja sama lalu kemudian masukkan koin ke dalamnya setiap kali kita mengamati anak-anak yang akur, saling berbagi satu sama lain, bermain tanpa berkelahi, dan lain-lain. Jika mereka mengungkapkan perasaan dengan cara yang sopan maka mereka akan mendapatkan koin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: