Mengenal Jenis Kuliner Jenang dari Jawa, Ternyata Memiliki Arti Masing-masing

Mengenal Jenis Kuliner Jenang dari Jawa, Ternyata Memiliki Arti Masing-masing

Mengenal Kuliner Jenang dari Jawa Ternyata Memiliki Arti Tersendiri-Lazada-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Siapa yang tidak menganal jenang? Kuliner manis dari Jawa ini merupakan makanan tradisional yang sudah lama ada sejak kejayaan agama Hindu di Nusantara.

Selain rasanya yang manis kuliner jenang ini juga dikenal dengan teksturnya yang kenyal ketika dinikmati. Kuliner ini tidak pernah lepas dengan acara adat orang Jawa.

Biasanya kuliner jenang ini disuguhkan ketika acara tertentu seprti pernikahan hingga selamatan. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa jenang tidak pernah disajikan dalam acara duka.

Karena jenang sendiri dianggap sebagai simbol kehidupan. Kuliner jenang ini merupakan simbol doa, rasa persatuan, pengharapan, dan semangat dari orang Jawa.

BACA JUGA:Serba-Serbi Jenang Jaket, Kuliner Legit Khas banyumas

BACA JUGA:Resep Kuliner Sate Bebek Khas Tambak Banyumas, Bisa Kalian Coba Sendiri di Rumah!

Kuliner jenang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan yang dicampur dengan santan dan gula merah atau gula Jawa.

Jenang juga memiliki banyak jenis-jenis yang memiliki arti setiap jenis jenangnya. Berikut adalah jenis kuliner jenang dan artinya.

1. Jenang Abang

Jenang abang atau jenang merah ini juga bisa disebut sebagai jenang sangkala. Jika dilihat sekilas kuliner jenang ini akan mengingatkan kalian kepada bubur merah putih.

Biasanya jenis jenang ini akan disajikan pada acara tahun baru Jawa atau peringatan satu suro. Kuliner jenang ini juga memiliki suatu arti yang mendalam.

BACA JUGA:Segarnya Tahu Masak, Kuliner Khas Cilacap yang Menggoda!

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kuliner Lumpia, Makanan Khas Semarang yang Banyak Diminati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: