Krisis Air di Banyumas, Begini Trik Mandi Biar Hemat, Hanya Cukup Dua Botol Air Mineral

Krisis Air di Banyumas, Begini Trik Mandi Biar Hemat, Hanya Cukup Dua Botol Air Mineral

Krisis air bersih melanda nyaris seluruh desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Sumpiuh. Warga terdampak mengandalkan droping air bersih. -FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hanya dua botol air mineral sangat cukup untuk kebutuhan mandi. Hal tersebut diungkapkan Danramil 10 Sumpiuh Kapten Inf Agung Sucipto.

Krisis air bersih melanda wilayah Kecamatan Sumpiuh di musim kemarau ini. Dari warga, lembaga pendidikan hingga tempat ibadah menjadi terdampak.

Lantaran belum diketahui sampai kapan krisis air bersih akan berakhir. Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Sumpiuh dalam berbagai kesempatan menyampaikan air bersih dari droping supaya dihemat.

BACA JUGA:Bawa Kabur Motor Milik Pelajar, Pemuda Asal Tasikmalaya Diringkus Polisi

"Sistemnya, botol air mineral dibuat seperti shower. Tutup botol dibuat empat atau tiga lubang, jangan terlalu besar," jelas Danramil, Selasa (17/10/2023).

Botol air mineral yang digunakan kemasan 1.200 ml atau 1.500 ml. Setelah tutup dilubangi, isi penuh botol dengan air dan siap untuk mandi.

Siramkan air hanya untuk membasahi badan yang penting rata dan basah. Gunakan sabun secukupnya saja. Tidak terlalu banyak sabun seperti saat sedang air melimpah.

BACA JUGA:Lahan Kosong di Samping Kampus 2 UIN Saizu Purbalingga Terbakar

"Utamakan dibersihkan bagian yang sekiranya penting atau mungkin menimbulkan bau badan," imbuh Danramil.

Lalu, sabun segera dibilas menggunakan sisa air. Apabila telah habis, isi kembali botol dengan air.

Perhatikan cara menyiram air yaitu dari atas ke bawah. Sehingga air turun bisa membuang sabun di bagian bawahnya berurut. Diharapkan terbasuh semua sabun yang di badan.

BACA JUGA:Tukar Guling Eks Kantor Kecamatan Untuk Kantor Desa Wangon Dikoordinasikan Dengan Bagian Aset

Bisa jadi, isi satu botol ke dua masih tersisa. Sehingga, dapat digunakan untuk menggosok gigi.

Danramil menceritakan irit air bersih untuk kebutuhan mandi lazim diaplikasikan oleh tentara. Terutama ketika berada di kapal perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: