39 Orang Pasien Dugaan Keracunan di Cimanggu Cilacap Boleh Pulang, 2 Orang Masih Dirawat, 2 Orang Dirujuk

39 Orang Pasien Dugaan Keracunan di Cimanggu Cilacap Boleh Pulang, 2 Orang Masih Dirawat, 2 Orang Dirujuk

Kasi Dokkes Polresta Cilacap saat mengecek kondisi korban keracuan di Puskesmas Cimanggu 1, Jumat 13 Oktober 2023.-Humas Polres Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jumlah pasien yang dirawat di Puskesmas Cimanggu 1 akibat keracunan masal hingga hari ini Senin 16 Oktober 2023 berjumlah 2 orang untuk melakukan rawat jalan. Sementara 2 orang lainnya harus dirujuk ke RSUD Majenang.

Sehingga total yang sudah diperbolehkan pulang dari 43 pasien sebanyak 39 orang termasuk 2 orang masih diharuskan untuk menjalani rawat jalan.

"2 orang pasien masih dilakukan perawatan lanjutan di Puskesmas Cimanggu 1 karena masih merasa pusing dan mual," kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi kepada Radarmas, Senin 16 Oktober 2023.

Menurut Pramesti, para pasien tersebut yang sudah diperbolehkan pulang masih akan mendapatkan pemantuan terkait kesehatannya oleh bidan setempat maupun oleh tenaga kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Santap Makanan Tasyakuran, Puluhan Warga Desa Cisalak, Kecamatan Cimanggu, Cilacap, Diduga Keracunan

BACA JUGA:Jumlah Korban Keracunan di Desa Cisalak, Kecamatan Cimanggu, Cilacap Bertambah Menjadi 43 Orang

"Pasien yang sudah diperbolehkan pulang masih akan mendapatkan pemantuan, kemudian terkait biaya pengobatan akan digratiskan karena termasuk kejadian luar biasa (KLB), untuk sampel makanan saat ini sudah dikirim ke laboratorium di Semarang," lanjutnya.

Sebelumnya, sebanyak 43 warga Desa Cisalak Kecamatan Cimanggu mengalami gejala seperti keracunan seperti mual, pusing dan diare setelah menyantap makanan tasyakuran pernikahan salah satu warga yang merupakan karyawan SPBU.

Setelah menyantap makanan tersebut, para karyawan SPBU tersebut beserta keluarga mengalami gejala pusing, mual, diare serta BAB yang mengarah pada gejala keracunan dan segera dilarikan ke Puskesmas Cimanggu 1. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: