Tips Memilih HP Second Agar Tidak Salah Beli

Tips Memilih HP Second Agar Tidak Salah Beli

Tips saat memilih HP second agar kamu tidak salah beli.-Fahma Ardiana-

Jika HP tersebut dibeli dari marketplace, kalian bisa meminta riwayat pembelian HP dan juga meminta kardus dari HP tersebut. Kardus dari HP memiliki fungsi untuk bukti bahwa HP tersebut adalah barang asli, lalu mintakan juga kartu garansi dari HP tersebut. 

Kartu garansi sendiri berfungsi untuk melakukan klaim jika HP tersebut masih masuk dari periode garansi. Kalian juga bisa menanyakan kepada penjual berapa lama HP tersebut sudah digunakan.

3. Cek Kondisi HP Luar Dalam

Saat kalian sudah mendapatkan HP-nya atau bisa cek HP secara langsung di toko, kalian wajib cek kondisi HP luar dalam. Untuk kondisi HP secara fisik, kalian bisa melihat apakah handphonenya ada lecet atau tidak. 

Kalian juga bisa cek seperti bagian sudut untuk memastikan bahwa handphonenya tidak penyok dan pastikan kondisi fisiknya sesuai dengan apa yang dikatakan oleh penjual. 

BACA JUGA:Handphone Samsung Layar Lipat yang Sering Muncul di Drakor, Bikin Pengin!

BACA JUGA:Inilah 5 Pertimbangan HP Lipat yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Setelah kalian cek kondisi fisik HP tersebut, saatnya kalian untuk mengecek bagian dalam alias fitur-fitur yang bisa digunakan dari HP tersebut. Fitur yang harus dicek adalah seperti baterai, koneksi wifi, kamera, tombol dan keyboard, serta suara dan mikrofon.

4. Pastikan Tempat Membeli HP Bekas Terpercaya

Jika kalian sudah tahu HP apa yang akan dibeli dan juga sudah menyiapkan budgetnya, kini waktunya mencari tempat penjualan yang terpercaya. Tentunya ada banyak opsi yang bisa kalian pilih baik secara online ataupun offline.

Bagi kalian yang ingin membeli HP second secara online, jangan lupa perhatikan reputasi atau rating penjual. Pastikan penjual yang akan kalian pilih memiliki rating yang baik. 

Kalian juga perlu memperhatikan testimoni dari customer sebelumnya yang sudah terlebih dahulu membeli produk toko online tersebut. Selain itu, kalian juga harus membaca deskripsi serta detail produk secara lengkap dan jelas, termasuk mengetahui "cacat" dari HP second yang merek jual. 

Itu tadi beberapa tips memilih HP second agar kalian tidak salah beli. Sayangnya, tak jarang kita susah membedakan mana HP second yang worth it untuk dibeli dengan HP second yang kurang worth to buy.

Oleh karena itu, wajib untuk mengecek semuanya sebelum membeli HP tersebut. Mulai dari seller sampai fitur-fiturnya, kita berhak memastikan bahwa semuanya berkualitas dan bisa berfungsi dengan baik. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: