Tips Sepeda Motor Aman Saat berada di Kosan, Anti Maling.

Tips Sepeda Motor Aman Saat berada di Kosan, Anti Maling.

Tips Sepeda Motor Aman Saat berada di Kosan, Anti Maling.-pramborsfm.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Baru baru ini banyak sekali kasus kehilangan sepeda motor yang terjadi di kos - kosan, dengan target pencurian merupakan motor mahasiswa yang sedang terparkir di kos pada malam hari.

Anak kost sangat perlu memperhatikan keamanan barang - barang pribadinya dengan sungguh-sungguh saat tinggal di kos, terutama soal kendaraan motor.

Maka dari itu Penting untuk tidak mengabaikan kemungkinan adanya pencurian motor yang dilakukan oleh orang lain yang memang berniat jahat, meskipun lingkungan kosan terlihat aman.

Berbagai insiden pencurian tidak hanya terjadi karena tindak perampokan, namun juga dapat melibatkan penghuni lain di gedung kos yang sama.

 

BACA JUGA:Simak Kronologi Maling Motor di Jatilawang, Kapolsek : Pernah Maling di Patikraja dan Wangon

BACA JUGA:Prosedur Pemilik Mengambil Motor yang Dicuri ke Kantor Polisi, Mudah Tidak Ribet!

 

Karena yang biasanya maling memang pintar dan sudah berpengalaman dalam melakukan aksinya, dengan memikirkan berbagai tindakan sebelum melakukan aksinya. 

Apalagi jika ada kegagalan dalam melakukan aksi pencurian motor, maling pasti sudah tau resikonya sehingga dalam melakakukan kejahatan ini maling tersebut pasti sudah banyak rencana.

Cara menghindari pencurian motor di kos adalah dengan mencari tahu apa saja faktor yang membuat maling tersebut berani melakukan aksinya, biasanya dipengaruhi oleh faktor :

 

1. Lokasi Kos-kosan

Maling biasanya akan melakukan aksinya di tempat atau pada kosan kosan yang yang lokasinya jauh dari rumah warga.

Hal ini akan lebih memudahkan pelaku pencurian motor untuk melancarkan aksinya karena kondisi atau letak kos yang terpencil membuat pencuri lebih mudah kabur jika gagal melancarkan aksinya.

 

BACA JUGA:Maling Motor di Kos Sumampir, Sempat Terekam CCTV

BACA JUGA:Aksi Maling Motor Terekam CCTV

 

2. Suasana Kos-kosan

Pelaku pencurian motor juga akan melihat terlebih dahulu suasana kos kosan, akan sepi pada jam berapa kos kosan tersebut.

Pencuri memang sudah mengamati pergerakan seluruh penduduk kosan tersebut sebelum melakukan aksinya, hal ini akan mendukung kelancaran dari pelaku untuk mencuri motor incaranya.

 

 

3. Target atau Calon Korban

Target atau calon korban biasanya sudah bertemu dengan pelaku, dimanapun bisa terjadi dan ketika melihat ada peluang dari si korban untuk diambil motornya.

Karena hal itu maka pelaku sudah mengincar sejak lama dan biasanya akan terus menerus dipantau pergerakan target atau korban, mulai dari pergi jam berapa, sampai korban pulang dan berada di kos jam berapa.

 

4. Waktu Melancarkan Aksi

Maling motor cenderung melakukan aksinya disaat ada kelengahan, bukan hanya pada malam hari saja, karena biasanya pelaku telah mengetahui waktu kosong dan waktu tidak ramai kosan tersebut dari hasil pantauanya.

Ketika kos sedang sepi maka disitulah kesempatan atau waktu yang tepat untuk pelaku pencurian motor melakukan aksinya.

 

BACA JUGA:Maling Motor Tarik Gas Kencang

BACA JUGA:Kepergok, Diteriaki Maling Motor, Langsung Dibekuk di Ajibarang

 

Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara agar motor kamu tetap aman berada di kos - kosan.

 

Berikut ini tips motor aman saat berada di kosan:

 

1. Kunci Ganda Kendaraan 

Kunci ganda kendaraan sangat penting meskipun kamu tahu tidak akan ada yang berniat mengambilnya, karena lingkungan di sekitar kos sudah sangat aman.

Karena ketika kamu sering tidak mengunci ganda kendaraan, akan menjadi sebuah peluang bagi para pelaku pencurian yang biasanya telah mengawasi pergerakan kamu pada saat motor terparkir di kosan.

Hal ini menjadi pencegahan yang penting agar tidak mengundang niat jahat dari orang lain untuk mengambil motor yang kita miliki, meskipun kamu sudah sangat percaya kepada lingkungan sekitar kos.

 

BACA JUGA:Maling Motor di Jatilawang Bawa Kabur Motor di Pinggir Sawah, Nyemplung Kali Ditangkap Warga

BACA JUGA:Maling Motor Dibekuk, Jual Hasil Curian di FB

 

Karena niat jahat seseorang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja ketika pelaku melihat sebuah kesempatan yang sayang untuk dilewati, karena tidak akan ada lagi kesempatan itu.

 

2. Tutup Pintu Pagar Setelah Keluar Masuk 

Hal ini biasanya di sepelekan oleh para mahasiswa terutama yang tinggal di kosan, karena merasa malas untuk turun menutup pintu pagar.

Padahal hal ini penting untuk mencegah pelaku mengetahui suasana yang ada di kosan dan bagaimana lingkungan kosan, dengan cara ini akan memberi pekerjaan lebih kepada pelaku untuk mengamati keadaan kos.

Karena pelaku pencurian motor sangat mementingkan suasana dan lokasi yang tepat sebelum melakukan aksinya, apalagi motor tersebut sangat berpeluang untuk diambil.

 

BACA JUGA:Lindungi Amukan Massa ke Maling Motor, 4 Polisi Turut Jadi Sasaran Amukan Massa

BACA JUGA:40 Motor Curian Disita Polresta Banyumas, Warga yang Merasa Kehilangan Siapkan Ini dan Datangi Sat Reskrim

 

3. Pilih Posisi Parkir yang Aman 

Posisi parkir juga ternyata menentukan keamanan motor pada saat berada di kos kosan, karena pelaku akan menyukai motor yang memang parkir sembarangan karena lebih mudah diambil dan lebih dekat dengan pintu keluar.

Selain itu jika kos kosanmu memiliki area parkir di depan kamar, maka parkir saja motor kamu di depan kamar kamu sendiri agar lebih mudah terlihat dan diawasi.

Sehingga jika ada sesuatu yang terjadi yang tidak di inginkan atau jika jika ada pergerakan yang mencurigakan.

kamu sudah mengetahui terlebih dahulu karena posisi pandangan kamu tidak jauh dari motor jika ada pergerakan yang mencurigakan

 

BACA JUGA:Sindikat Curanmor di Banyumas Ditangkap, 24 Tersangka dan 40 Motor Curian Diamankan Polisi

BACA JUGA:Tiga Motor Terlibat Kecelakaan di Jalan Raya Yos Sudarso Purwokerto Barat, Satu Pengendara Meninggal di Lokasi

 

4. Pasang CCTV

Memasang Cctv merupakan pilihan opsional yang bisa kamu gunakan sebagai pencegahan pencurian motor, jika sampai terjadi.

Karena dengan Cctv meskipun kamu sedang lengah atau tidak berada di kosan, kamu tetap bisa mencari dan memiliki bukti yang sah dari rekaman Cctv tersebut.

Dan biasanya pelaku pencurian juga akan menghindari tempat- tempat yang memang dilengkapi oleh Cctv karena harus kerja berkali - kali lebih sulit.

Setelah memastikan cara-cara tersebut diatas telah dilakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa agar diberikan perlindungan oleh tuhan yang Maha Esa. Dengan demikian selain motor aman dari tindak pencurian, fikiran juga tenang dan tidak selalu was-was mengkhawatirkan keamanan motor. (aef/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: