Tips Mengajukan Cicilan Mobil Walaupun Riwayat Kredit Buruk, Dijamin ACC

Tips Mengajukan Cicilan Mobil Walaupun Riwayat Kredit Buruk, Dijamin ACC

Ilustrasi Pemeriksaan Dokumen Pengajuan Kredit Mobil -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meski hanya kebutuhan tersier, memiliki kendaraan pribadi seperti mobil merupakan salah satu impian banyak orang. Tak melulu cash, pembelian dengan sistem kredit juga bisa jadi solusi menyesuaikan kemampuan kita. 

Namun tidak semua kredit bisa berjalan mulus, beberapa kesalahan yang dilakukan peminjam bisa menyebabkan kredit macet dan berujung kendaraan ditarik oleh leasing. Apabila hal tersebut terjadi, akibatnya nama peminjam akan tercatat di OJK atau Pefindo. 

Jika sudah memiliki riwayat kredit buruk seperti itu, apakah bisa mengajukan kredit kembali? Tentu jawabannya bisa, asalkan melakukan beberapa tips di bawah ini. 

1. Teliti Suku Bunga Saat Ini

Jika ingin mengajukan kredit mobil tetapi memiliki riwayat kredit buruk, maka tips pertama yang harus dilakukan yaitu memeriksa suku bunga pinjaman mobil saat ini. Pemeriksaan ini bisa dilakukan secara online dengan tujuan untuk memahami tingkat suku bunga yang diharapkan. Karena jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, biasanya tingkat bunga yang didapatkan cenderung lebih tinggi. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Leasing Kredit Mobil Tanpa BI Checking 2023, Dijamin Cepat dan Terpercaya!

BACA JUGA:Kredit macet, kendaraan kamu ditarik oleh leasing? Hal ini yang harus kamu lakukan!

2. Lunasi Tunggakan Kredit

Agar pengajuan kredit mobil diterima, Anda perlu memeriksa riwayat kredit buruk yang ada. Bahkan jika kredit tersebut sudah bertahun-tahun sebelumnya. 

Lakukan identifikasi terhadap barang apa yang merusak skor kredit Anda, kemudian bersihkan kredit tersebut dengan cara melunasinya. 

3. Hindari Menambah Item Kredit Macet

Saat menjelang pengajuan kredit mobil, tunjukkan semua perilaku terbaik Anda. Caranya yaitu dengan melakukan pembayaran angsuran tepat waktu jika memiliki pinjaman lainnya. Selain itu, hindari mengajukan kredit lain yang lebih besar, membebankan saldo di kartu kredit yang tinggi, ataupun membuta kartu kredit baru. 

Agar pengajuan kredit bisa diterima, maka hindarilah beberapa hal seperti keterlambatan pembayaran sewa, penagihan utang, pembebanan biaya, kebangkrutan, keputusan gugatan, serta hak gadai pajak. 

BACA JUGA:Cari Kredit Mobil Murah? 10 Leasing Ini Layak Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: