Masuk Musim Pancaroba, Cuaca di Cilacap Terasa Panas

Masuk Musim Pancaroba, Cuaca di Cilacap Terasa Panas

Sejumlah kendaraan melintas di Cilacap saat cuaca terik, Senin 13 Maret 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Cuaca panas akhir-akhir ini terasa di Kabupaten CILACAP. Kondisi tersebut dikarenakan saat ini wilayah Jawa Tengah memasuki musim pancaroba, atau transisi dari musim penghujan ke musim kemarau. 

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan cuaca terik dan gerah yang terasa belakangan ini terjadi akibat beberapa faktor seperti suhu udara yang tinggi, kelembaban udara yang rendah.

"Beberapa hari terakhir, curah hujan di wilayah Cilacap berkurang dan tidak merata. Ini menyebabkan udara terasa panas atau gerah," katanya, Senin 13 Maret 2023.

Dikatakan Teguh, saat ini suhu udara berkisar 23-32 derajat celsius. Biasanya suhu maksimum akan berangsur naik seiring dengan peralihan musim ke masa pancaroba.

Menurut Teguh, cuaca panas tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, saat ini masih dominan angin barat dan tekanan udara disekitar timur laut Australia masih rendah. 

"Sampai pertengahan Maret ini. Perlu diwaspadai juga pada musim pancaroba biasanya saat pagi hari cuaca akan cerah, namun saat siang cuaca mulai mendung. Kemudian hujan deras dan disertai angin kencang," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: