Suhu Panas di Purwokerto, BMKG Sebut Saat Ini Mulai Memasuki Masa Peralihan Musim

Suhu Panas di Purwokerto, BMKG Sebut Saat Ini Mulai Memasuki Masa Peralihan Musim

UDARA PANAS : Pedagang keliling menggunakan payung untuk mengurangi sengatan pamas matahari, saat menysuri jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja (12/3/2023). Udara dan cuaca yang panas beberapa hari belakangan BMKG Cilacap sebut sebagai tanda peralihan musim--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.Co.Id - Salah satu penyebab suhu udara panas belakangan ini, adalah karena mulai memasukinya masa peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan menjelaskan karena masa transisi tersebut, maka biasanya sering terjadi potensi cuaca ekstrim. 

"Misal hujan lebat dengan durasi singkat yang kadang disertai kilat atau petir, angin kencang yang berhembus secara tiba-tiba, hingga potensi angin puting beliung," ujar dia. 

BMKG menghimbau agar masyarakat waspada, terutama jika pada pagi hingga siang hari kondisi cuaca yang cerah dan panas sangat terik. 

BACA JUGA:Beberapa Hari Terakhir Suhu Udara Panas di Purwokerto, Berikut Penjelasan BMKG

"Kemudian pada saat siang hari menjelang sore hari muncul pertumbuhan awan jenis cumulus yang berkembang menjadi awan cumulonimbus yang berwarna hitam dan bergumpal-gumpal, kemudian disertai kilat atau petir dan biasanya ada potensi terjadi puting beliung ataupun angin kencang," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: