Korban Meninggal Dunia Akibat Laka Lantas Didominasi Pelajar, Ini Upaya Satlantas Polresta Cilacap

Korban Meninggal Dunia Akibat Laka Lantas Didominasi Pelajar, Ini Upaya Satlantas Polresta Cilacap

Petugas dibantu warga saat mengevakuasi korban laka lantas yang merupakan seorang pelajar di Cilacap, Minggu (17/9/2023)..-Satlantas Polresta Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hingga pertengahan bulan September, angka korban meninggal dunia di Kabupaten CILACAP mencapai 117 orang. Jumlah tersebut didominasi oleh pelajar. Hal itu menjadi perhatian khusus dari jajaran Satlantas Polresta CILACAP.

Kasatlantas Polresta Cilacap Kompol Nunung Farmadi mengatakan, hingga September 2023 telah terjadi 821 lakalantas, dengan korban meninggal dunia rata-rata pelajar.

"Dari 821 kejadian terdapat 991 korban luka ringan dan 117 korban meninggal dunia. Rata-rata korban meninggal dunia adalah pelajar, sehingga kita akan menerapkan pendidikan berlalu-lintas di sekolah," katanya, Minggu (24/9/2023).

Menurutnya, Satlantas akan menggandeng para guru untuk memasukkan program pelajaran tertib lalu lintas baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun pada kegiatan ektrakurikuler.

BACA JUGA:Cilacap Diguncang Gempa Kecil Berturut-Turut

BACA JUGA:Dua Perahu Nelayan Jetis Cilacap Terbalik, Nelayan Tetap Melaut Meski Gelombang Tinggi

"Nanti kita dari Satlantas akan turun langsung untuk mengajar, selain itu para guru akan dibekali dengan materi-materi berlalu lintas, sembari mengajar mereka dapat mensosialiasasikan kepada para siswa," lanjut Kasatlantas.

Penyebab kecelakaan dengan fatalitas tinggi, biasanya diakibatkan karena kesalahan manusianya sendiri. Yaitu dengan tidak mengenakan helm, melanggar lampu lalu lintas dan lain-lain.

"Jika guru diberikan pengetahuan maka ia akan menularkan kepada para siswanya sehingga guru akan menjadi ikon keselamatan berlalu lintas bagi warga sekolahnya," pungkas Kasatlantas. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: