Cilacap Diguncang Gempa Kecil Berturut-Turut

Cilacap Diguncang Gempa Kecil Berturut-Turut

Pusat gempa yang menggucang Cilacap berada di laut selatan, Minggu (24/9/2023).-BMKG untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAs.DISWAY.ID - CILACAP kembali di guncang gempa, Minggu  (24/9/2023). Kekuatan gempa tersebut berskala kecil. Dengan berkekuatan magnitudo (M) 2.4 SR pukul 10.25 WIB.

Tak sampai lima menit, pada pukul 10.28 gempa berskala kecil kedua kembali terjadi dengan magnitudo 2.8 SR. Kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, pusat gempa pertama berada di koordinat 8.05 lintang selatan (LS) dan 108.76 bujur timur (BT). Berjarak 45 kilometer barat daya Cilacap. Dengan kedalaman 69 kilometer. 

Sedangkan gempa ke dua di koordinat 8.37 lintang selatan (LS) dan 109.21 bujur timur (BT). Berjarak 75 kilometer tenggara Cilacap. Dengan kedalaman 10 kilometer. 

BACA JUGA:Selasa Pagi, Cilacap Diguncang Gempa Magnitudo 4,2

BACA JUGA:Jalan Desa Caruy Cilacap di Cor Rabat Beton Sejauh 800 Meter Berkat TMMD

Pihaknya meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya gempa-gempa tersebut. Namun demikian pihaknya mengajak pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan mitigasi bencana.

"Masyarakat tidak perlu khawatir tapi untuk mitigasi harus tetap ditingkatkan. Begitupun dengan pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten perlu meningkatkan mitigasi bencana dengan menyiapkan segala sesuatu terkait dengan evakuasi," kata Hery. 

Sementara itu, Yazid, warga Kroya mengaku, dia tidak pernah merasakan gempa-gempa kecil yang selama ini terjadi di Kabupaten Cilacap

"Tidak terasa, tahu karena update di sosial media ada gempa. Semoga Cilacap aman tidak terjadi apa-apa, karena sering lihat banyak sekali gempa-gempa kecil," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: