Untuk Mencukupi Persediaan Darah, PMI Banjarnegara Gaet Pendonor Darah Milenial

Untuk Mencukupi Persediaan Darah, PMI Banjarnegara Gaet Pendonor Darah Milenial

Siswa di Kabupaten Banjarnegar antusias saat melakukan kegiatan donor darah sukarela yang diadakan PMI Banjarnegara. -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk menggenjot angka persediaan darah untuk mencukupi kebutuhan bagi masyarakat. Palang Merah Indonesia (PMI) BANJARNEGARA menggencarkan donor darah sukarela. 

Salah satu yang dilakukan yakni menggaet kaum millenial di sekolah tingkat SMA/SMK/MA sederajat di Kabupaten Banjarnegara untuk menjadi relawan pendonor darah sukarela.

Ketua PMI Banjarnegara dr Amalia Desiana melalui Kepala Unit Donor Darah dr Syarah Mutia Dewi mengatakan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menjadikan donor darah sebagai gaya hidup atau life style.

"Kaum millenial utama siswa sekolah tingkat SMA/SMK/MA terus kita genjot dan berikan edukasi serta sosialisasi tentang manfaat serta pentingnya donor darah untuk kesehatan," ujarnya.

BACA JUGA:HUT ke 78, PMI Kabupaten Banjarnegara Dapat Kado Spesial

BACA JUGA:Hutan Gunung Damar Terbakar, Warga Desa Pasegeran Banjarnegara Geger

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk mendukung program tersebut pihaknya menggandeng pembina dan anggota PMR di sekolah sebagai corong atau tangan kanan diseminasi donor darah disekolah.

"Ini penting, karena PMR merupakan agen perubahan dan relawan masa depan yang diharapkan memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat disekitarnya," tegasnya.

Pihaknya berharap kolaborasi apik ini akan menjadikan nilai tambah serta turut membantu PMI dalam menjaga stock darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara itu pembina PMR SMAN 1 Wanadadi Idham Saiful Latif mengatakan, donor darah di sekolah telah dilakukan rutin dan terprogram bersama PMI Banjarnegara sesuai sistem.

"Alhamdulillah, minat dan kesadaran siswa untuk menjadi pendonor darah sukarela selalu bertambah," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, dalam kegiatan donor darah terkumpul sebanyak 51 kantong darah untuk kemanusiaan.

"Semoga kami dapat terus istiqomah dan terus berkarya untuk kemanusiaan salah satunya dalam kegiatan donor darah sukarela," pungkasnya. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: