Warga Desa Duren Banjarnegara Antusias Sambut Bantuan 4 Tangki Air Bersih

Warga Desa Duren Banjarnegara Antusias Sambut Bantuan 4 Tangki Air Bersih

Antusias warga Desa Duren, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara saat menerima bantuan air bersih dari Kodim 0407 Banjarnegara. -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ratusan warga Desa Duren dan Kebutuhduwur, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten BANJARNEGARA, gembira menerima bantuan air bersih dari Kodim 0704/BANJARNEGARA. Bantuan air 4 tangki dipasok ke desa di pegunungan selatan BANJARNEGARA

Kepala Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Kapten Inf Sugiono mewakili Dandim 0704 Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan mengatakan, droping dilakukan untuk membantu masyarakat yang sekarang sedang terdampak musim kemarau.

"Masyarakat sangat kesulitan air. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sudah menetapkan status darurat bencana kekeringan. Sesuai instruksi Pangdam, Kodim Banjarnegara bekerja-sama dengan BPBD ikut membantu mengatasi krisis air bersih yang dialami masyarakat," kata Kapten Inf Sugiono, Kamis (21/9/2023).

Warga menyiapkan ember dan jerigen di pinggir jalan sejak pagi. Sejumlah warga Kebutuhduwur, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, di titik lokasi droping di kompleks pasar desa setempat, menyatakan terima kasih atas kepedulian Kodim Banjarnegara.

BACA JUGA:Cegah Tanaman Kentang Agar Tidak Mati, Ratusan Petani di Dieng Banjarnegara Sedot Air Telaga

BACA JUGA:Kekeringan Meluas, Status Kekeringan di Banjarnegara dari Siaga Menjadi Tanggap Darurat

Menurut mereka, sarana air bersih Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang selama ini jadi andalan para warga, sudah lama tak berfungsi karena debit air menyusut tajam dan jaringan pipa rusak.

Sedangkan mata air yang semula banyak tedapat di arah bawah perkampungan, sebagian besar sudah mati. "Orang harus berburu air ke sumber air yang masih tersisa. Lokasinya cukup jauh dan harus antre. Maka datangnya kiriman air seperti ini sangat membantu warga," ujar Sukirno, salah satu warga.

Rasa gembira juga diungkapkan warga lain, Ny Sutini, usai dilayani oleh personel TNI. Mengusung 6 ember besar dari rumah, wanita itu mengaku lega karena kebutuhan air untuk masak dan minum dua hari ke depan sudah tersedia. "Mudah-mudahan bantuan air datang lagi," katanya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: