Nasi Nyangku Makanan Khas Banyumas Autentik dari Kaki Gunung Slamet, Wajib Dicoba

Nasi Nyangku Makanan Khas Banyumas Autentik dari Kaki Gunung Slamet, Wajib Dicoba

Uniknya pembungkus makanan khas Banyumas nasi nyangku -Instagram @palawiresort_baturaden-

Namun penggunaan daun nyangku untuk membungkus makanan sempat dikhawatirkan meredup. Tapi berkat upaya melestarikan makanan khas Banyumas nasi nyangku, kini penggunaan daun nyangku sebagai pembungkus makanan masih terus belanjut. 

Bagi yang ingin menikmat lezatnya nasi nyangku, kamu bisa berkunjung ke salah satu warung makan nasi nyangku yang sangat legendaris dan terkenal. 

Di rumah makan yang teletak di Desa Karang Salam, Kabupaten Banyumas ada warung makan bernama 'Oemah Nyangku' yang menyediakan nasi nyangku yang rasanya unik. 

BACA JUGA:Soto Kriyik Bu Karsini Khas Purbalingga, Kuliner Legendaris yang Masih Eksis

BACA JUGA:11 Kuliner Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Cobain!

Bukan rahasia lagi jika di Desa Karang Salam, daun nyangku sangat mudah didapatkan karena tumbuh di sekitar rumah warga. Daun yang sudah dibersihan tersebut bisa langsung digunakan. 

Untuk aroma nasi nyangku sendiri berbeda dengan kebanyakan nasi yang dibungkus dengan daun lain. Nasi yang dibungkus dengan daun nyangku tidaklah bearoma wangi seperti jika dibungkus dengan daun pisang atau jati. 

Adapun untuk lauknya sendiri punya kombinasi rasa yang lezat. Ayam kampung yang digoreng dengan taburan suriwan lengkuas memberikan cita rasa yang gurih. Oseng daun pakis yang diberi kecombrang juga memberikan aroma yang khas. Serta irisan bawang merah dan bawang putih yang ada pada setiap bumbu membuat semuanya begitu nikmat. 

Untuk harga satu porsi nasi nyangku di Oemah Nyangku bervariasi, tergantung pada lauk yang digunakan. Harganya berkisar dari Rp 17.000 hingga Rp 22. 000 di setiap porsinya. Oemah Nyangku berlokasi di Dusun II, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. 

Nah, jika kamu berkunjung ke Banyumas jangan lupa untuk mampir ke Oemah Nyangku untuk menikmati lezatnya nasi nyangku di daerah ini ya!. (amp/*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: