Selasa Pagi, Cilacap Diguncang Gempa Magnitudo 4,2

Selasa Pagi, Cilacap Diguncang Gempa Magnitudo 4,2

Kabupaten Cilacap diguncang gempa magnitudo 4,2 pada Selasa (19/9/2023) pukul 03.12 WIB.-BMKG untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gempa bumi kembali guncang Kabupaten CILACAP. Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 terjadi pada Selasa (19/9/2023) pukul 03.12 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat getaran gempa berada di kedalaman 10 Kilometer. Lokasi pusat getaran gempa berjarak 90 Kilometer arah tenggara Cilacap, dengan titik koordinat 8.54 LS dan 109.93 BT.

Meski demikian, sejumlah warga di Kabupaten Cilacap tidak merasakan gempa tersebut. "Tidak tahu ada gempa, karena tidak terasa," kata salah satu warga Kroya, Rohmah. 

Sementara itu tidak ada laporan kerusakan akibat gempa yang terjadi. Hal ini diungkapkan Plt BPBD Cilacap, Erna Suharyati. 

BACA JUGA:Rekonstruksi Kasus Curas di Sidaurip Cilacap, Tersangka Peragakan 40 Adegan

BACA JUGA:Menunggak Pajak, Rumah Makan Padang Serba Rp 10 Ribu di Cilacap Disidak Satpol PP dan BPPKAD

Pihaknya berupaya untuk meningkatkan upaya mitigasi. Selain itu, masyarakat di pesisir pantai diminta untuk tidak membangun bangunan di wilayah pesisir karena rawan likuifaksi.

"Likuifaksi cenderung berada di daerah-daerah sedimen berpasir, yang berada disisi selatan pantai atau daerah sempadan pantai dan muara," katanya.

Dikatakan Erna, terdapat 55 desa di 10 kecamatan yang rawan terdampak potensi gempa dan tsunami. "Dari jumlah tersebut rata-rata rentan likuifaksi. Termasuk di daerah bantaran sungai yang menjadi limpasan tsunami," katanya.

Namun demikian, pihaknya meminta masyarakat tidak resah dengan sejumlah informasi kegempaan, dan khususnya bagi masyarakat pesisir pantai. 

"Sekali lagi dengan memperkuat mitigasi bencana dengan menyiapkan langkah-langkah konkret dapat meminimalkan risiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa," ujar Erna. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: