2.443 Warga Kabupaten Purbalingga Belum Miliki JKN

2.443 Warga Kabupaten Purbalingga Belum Miliki JKN

Pelayanan kesehatan di RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jumlah penerima manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Purbalingga mencapai 99,76 persen dari jumlah penduduk.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga dr Jusi Febrianto mengatakan, jumlah kepesertaan JKN tersebut terdiri dari berbagai segmentasi.

 

Yakni, Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN, PBI APBD, Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/Mandiri dan Bukan Pekerja (BP).

 

"Dinas kami menangani PBI dari APBD. Sedangkan, PBI APBN ada di Kementerian Sosial RI melalui Dinsosdaldukkbp3a (Kabupaten Purbalingga)," katanya kepada Radarmas, Jumat, 1 September 2023.

 

BACA JUGA:Bawaslu RI Keluarkan Edaran, Pengawasan Penyusunan DCS dan DCT Diperketat

BACA JUGA:Diterpa Isu Sepi Pengunjung, Ini Penjelasan Pengelola Pasar Segamas

 

Dia menambahkan, berdasarkan data yang ada, total warga Kabupaten Purbalingga yang sudah terkover JKN adalah 1.033.516 orang atau 99,76 persen dari total jumlah penduduk di Purbalingga. 

 

Diketahui, jumlah penduduk di Kabupaten Purbalingga adalah sebanyak 1.035.959 orang. Melihat data tersebut, jadi masih ada 2.443 orang di Purbalingga yang belum terkover JKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: