DPS Resmi Pilkades Serentak Banyumas Berkurang Setelah Dilakukan Pemutakhiran Data

DPS Resmi Pilkades Serentak Banyumas Berkurang Setelah Dilakukan Pemutakhiran Data

Warga duduk di depan Sekretariat Pilkades Watuagung, Kamis (31/8/2023), dan DPS Pilkades Serentak di Banyumas sedang dilakukan pemutakhiran data.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 Banyumas, mengacu pada DPS Pemilihan Presiden (Pilpres) periode terdekat.

Panitia Pilkades Watuagung, Kecamatan Tambak mencatat DPS Pilkades sebanyak 8.965 pemilih, sesuai dengan jumlah DPS Pilpres periode terdekat. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua Pilkades Watuagung, Siam Susanto mengatakan, sebelum ditetapkan menjadi DPS resmi Pilkades, panitia melakukan perbaikan data.

"Jumlah DPS resmi Pilkades akan banyak berkurang setelah dilakukan pemutakhiran," kata Siam, Kamis (31/8/2023).

BACA JUGA:TPS Pilkades Kracak Bakal Ditempatkan per RW

BACA JUGA:Bakal Ada Lengger Jepang di Kota Lama Banyumas

Jumlah DPS resmi berkurang antara lain karena faktor usia pemilih, ketika pemungutan suara Pilkades yang direncanakan pada 23 Oktober 2023.

Pemilih pemula di DPS Pilpres ada yang masih kurang umur pada Pilkades. Sehingga, belum memenuhi persyaratan sebagai pemilih.

Selain itu, hasil DPS resmi Pilkades berkurang dari DPS Pilpres disebabkan pemilih ada yang sudah meninggal dunia.

"DPS resmi Pilkades belum ditetapkan. Masih proses perbaikan. Pemilih kurang umur, meninggal dunia displit," imbuh Siam.

BACA JUGA:September Mulai Ada Titik Terang Pelaksanaan Rekrutmen Calon ASN Purbalingga

BACA JUGA:Lima Desa di Sumpiuh Berpotensi untuk Budi Daya Jagung

Di waktu yang terbatas, Panitia Pilkades Watuagung berupaya semaksimal mungkin untuk suksesnya penyelenggaraan Pilkades. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: