Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Kampung Nopia, "Nempel Nopia Seperti Politik, Tak Boleh Ditekan"

Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Kampung Nopia,

BERKUNJUNG : Bersama Bupati Banyumas (kiri), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno (kanan) mempraktikkan membuat Nopia dengan menempelkan adonan ke dinding dalam tungku yang berbentuk seperti mangkuk terbalik, Minggu sian-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

BELUM genap tiga tahun sejak diresmikan pada Desember 2021 lalu, Desa Wisata Kreatif Pekunden, Kabupaten Banyumas, mampu menunjukkan prestasi gemilang. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kepincut untuk membuktikan seberapa kreatif Pekunden.

FIJRI RAHMAWATI, Banyumas

ADONAN cemilan khas Banyumas yakni nopia dipersiapkan untuk menyambut kedatangan Menparekraf. Lalu, Sandiaga mengikuti arahan koki Kampung Nopia untuk membentuk adonan menjadi bulatan kecil di meja demo.

Cekatan dan terampil serta tidak butuh waktu lama. Setelah adonan diisi dengan varian rasa. Selanjutnya, adonan dipanggang ke oven tradisional berupa gentong.

BACA JUGA:Yuli Miliki Alquran Cetakan Modern Tertua di Indonesia, Dicetak Tahun 1928, Tak Pakai Nomor Ayat

Proses menempel mini nopia atau mino di gentong menciptakan kesan tersendiri bagi Sandiaga. Menurutnya, mirip dengan politik.

"Tidak boleh terlalu ditekan, seperti politik. Kalau terlalu ditekan nanti malah gepeng," ujar Sandiaga disusul tawa renyah, Minggu (11/6/2023).

Selain itu, ketika menempel adonan ke gentong juga harus menggunakan perasaan. Namun, lanjut Sandiaga, jangan terbawa perasaan.

BACA JUGA:Putri Ariani, Peraih Golden Buzzer AGT Tampil di Purwokerto

Nopia menciptakan banyak peluang usaha dan lapagan kerja. Menurut Menparekraf apabila nopia dikemas dengan baik maka menjadi produk unggulan ekonomi kreatif yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Di Jepang ada mochi. Di Pekunden ada mino," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf melafalkan basmalah dan menyatakan Desa Wisata Pekunden menjadi desa wisata terbaik di Jakarta dan Indonesia.

Desa Wisata Kreatif Pekunden masuk dalam daftar 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Ketua Wisata Kampung Nopia Agus Silo bersyukur telah mendapat kepercayaan masuk nominasi.

BACA JUGA:Pendirian SMAN Cilongok Masih Proses Tukar Guling Tanah

"Anugerah yang tidak pernah terduga, bersama Desa Wisata Kreatif Pekunden, bahkan hari ini dikunjungi Pak Menteri langsung," ucap Agus Silo usai acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: