Wisata Kampung Nopia Libur Selama Ramadan

Wisata Kampung Nopia Libur Selama Ramadan

Ruang utama basecamp untuk menerima pengujung sekaligus demo pembuatan nopia diubah menjadi tempat salat tarawih berjamaah selama bulan Ramadhan, Selasa (12/3/2024) malam.-Agus untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kampung Nopia di Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas, selama bulan Ramadan tutup dari aktivitas wisata. Rehat sejenak setelah hiruk pikuk membeludaknya pengunjung.

Ketua Wisata Kampung Nopia, Agus Silo menuturkan, pelayanan wisata diliburkan sementara karena beberapa hal. Di antaranya, basecamp setiap bulan Ramadan rutin digunakan untuk Salat Tarawih.

"Sempat ada sekolah yang ingin berkunjung ke Kampung Nopia di bulan puasa ini. Kami, tanpa mengurangi rasa hormat menjelaskan situasi dan kondisi," kata Agus, Rabu (13/3/2024).

Sarana prasaran untuk demo pembuatan nopia, cemilan tradisional khas Banyumas sudah dipindah tempat. Ruangan utama basecamp untuk menerima pengujung sekaligus demo, kini setiap malam sebagai tempat Salat Tarawih berjamaah.

BACA JUGA:Pengelola Kampung Nopia Bagikan Sembako ke Warga Sekitar dari hasil Wisata

BACA JUGA:Over Kapasitas, Kampung Nopia Banyumas Tak Representatif

Apabila pengunjung dan praktik pembuatan nopia dialihkan di luar ruangan, misalnya ke kebun bunga telang di belakang basecamp, terlalu beresiko terkait dengan faktor cuaca, terutama hujan.

Khusus untuk pengunjung yang menginginkan adanya praktik pembuatan nopia, sementara waktu selama bulan Ramadan tidak dapat dilayani. Sedangkan, bagi yang ingin sekedar jalan-jalan atau swafoto di Kampung Nopia dipersilahkan.

"Selama bulan Ramadan ini mumpung tidak ada pengunjung, Pengelola Kampung Nopia berbenah agar nanti saat dibuka kembali pelayanan bisa maksimal lagi," imbuh Agus.

Salah satu yang sedang dikerjakan adalah peremajaan tanaman telang sebagai potensi unggulan lainnya di Kampung Nopia. Sebagian mati dan pertumbuhan tidak subur karena faktor usia tanaman. Hal tersebut berdampak pada stok teh telang kosong. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: