Pimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-62, Wabup: Kita Sudah 34 Kali Jadi Gugus Tergiat

Pimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-62, Wabup: Kita Sudah 34 Kali Jadi Gugus Tergiat

Wakil Bupati Banyumas saat memimpin apel besar hari Pramuka di Alun-Alun Purwokerto, Sabtu (19/8/2023).-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas menjadi pembina upacara pada apel besar peringatan Hari Pramuka ke-62 di Alun-alun Purwokerto Sabtu (19/8/2023) pagi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Banyumas menyampaikan agar semangat gerakan pramuka di Kabupaten Banyumas dapat terus meningkat serta mempertahankan prestasi gugus tergiat di Kwarda Jawa Tengah.

"Meskipun agak mundur waktu pelaksanaannya ya, tapi ini tidak mengurangi kesakralan dan semangat. Apalagi kita sudah 34 kali menjadi gugus tergiat di Kwarda Jawa Tengah pertahankan dan tingkatkan terus," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Banyumas, Agus Nur Hadie mengungkapkan, baru dapat dilaksanakannya apel besar Hari Pramuka tersebut karena terbentur dengan jadwal pimpinan dan pengurus DKC yang mengikuti Rainas dan upacara yang sama di tingkat nasional.

BACA JUGA:Soal Rencana Kenaikan Gaji PNS Sebesar 8 Persen, Pemkab Banyumas: Momentum Genjot PAD

BACA JUGA:Gelombang Tinggi Mengintai Laut Selatan Cilacap, Wisatawan Dihimbau Waspada

Namun demikian, tidak menurunkan semangat peringatan, apalagi diketahui pramuka Banyumas telah mempertahankan prestasi selama 34 kali tergiat sejak tahun 1988.

"Ini adalah sebuah capaian yang fenomenal yang membuktikan kekuatan dan kualitas gerakan Pramuka di Banyumas. Selaku Ketua Kwarcab saya memberi apresiasi atas keluarbiasaan Pramuka Banyumas atas kesungguhan, dedikasi, loyalitas dan kebersamaan semua pihak untuk membantu, mengembangkan, mendidik dan membentuk karakter anak-anak melalui pendidikan pramuka," ungkapnya.

Pada upacara hari ini pun, menurutnya, dilaksanakan Devile Pretasi Kwarcab tahun 2022. Dengan tujuan sebagai ungkapan kebahagian sekaligus kebanggaan atas prestasi yang telah diraih.

"Devile ini diharapkan dapat membangkitkan dan terus memberi motivasi sekaligus kebanggaan para anggota pramuka," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: