Sejumlah Persyaratan Ritual Adat Istiadat Ikut Dilaksanakan Masyarakat Sekitar untuk Bantu Evakuasi

Sejumlah Persyaratan Ritual Adat Istiadat Ikut Dilaksanakan Masyarakat Sekitar untuk Bantu Evakuasi

Nasim salah satu tokoh masyarakat saat diwawancarai mengenai persiapan ritual adat yang akan dilaksanakan, Sabtu (29/7/2023).-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Masyarakat sekitar akan melaksanakan sejumlah syarat ritual adat istiadat untuk membantu proses evakuasi 8 penambang yang terjebak di tambang emas ilegal di Desa Pancurendang Kecamatab Ajibarang Kabupaten Banyumas, Sabtu (29/7/2023).

Ritual ini akan dilaksanakan dengan menyiapkan sejumlah syarat, apalagi dari pengetahuan masyarakat sekitar tempat 8 penambang terjebak tersebut memang diketahui salah satu tempat mistik.

Nasim (53) salah tokoh masyarakat Desa Pancurendang mengatakan, masyarakat akan menjalankan ritual itu sebagai salah satu ikhtiar.

BACA JUGA:Warga dan Tim SAR Doa Bersama, Pemda Banyumas Bakal Kerahkan Alat Berat untuk Membantu Proses Evakuasi

"Jadi itu turut adat ya, saya hanya mau menjalani tugas dari orang-orang (yang mendatangi saya, red). Siapa tahu doa saya bisa dikabulkan, saya syukur," katanya.

Persyaratan akan diletakkan diatas galian para 8 penambang terjebak.

"Persyaratan itu hanya untuk menjalankan adat istiadat masyarakat di Banyumas," tambahnya.

Dengan syarat yang dipersiapkan berupa jajanan-jajanan pasar seperti 8 kelapa gading kuning, 4 ekor ikan tewas, 4 ekor melem, 8 ekor ikan mas, buah-buahan seperti anggur, apel dan sesaji lainnya.

"Serta Ayam walik sepasang laki perempuan, hanya saya bisa menerapkan sebentar setelah Magrib," terangnya.

Menurutnya pun, hal itu dilakukan sebagai salah satu ikhtiar sebagaimana pernah dijalankan oleh orang-orang terdahulu. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: