Pengelolaan Pasar Ikan Panembangan Mulai Dilirik Pihak Luar Desa

Pengelolaan Pasar Ikan Panembangan Mulai Dilirik Pihak Luar Desa

Kondisi terbaru Pasar Ikan Panembangan, Senin (24/7). Meski belum begitu ramai, pasar ini tetap dilirik pihak dari luar desa untuk dikelola.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pasar Ikan Panembangan dengan segala daya tariknya sudah dilirik pengelolaannya oleh pihak dari luar Desa Panembangan.

Sekretaris Desa Panembangan, Anggoro Agus Triono mengatakan saat ini untuk Pasar Ikan Panembangan masih dikelola oleh koperasi. Meski diakuinya belum ramai, Pasar Panembangan sudah dilirik untuk bisa dikelola oleh pihak dari luar Desa Panembangan.

"Belum kami serahkan. Masih akan dikelola koperasi dengan berbagai upaya untuk semakin meramaikan pasar ikan," katanya.

BACA JUGA:Wisata Mina Padi Panembangan Prioritas Untuk Pedagang Lokal

Anggoro menjelaskan dari sisi keamanan pedagang-pedagang yang pernah berjualan di Pasar Ikan Panembangan mengusulkan agar lapak pada pasar dilengkapi semacam rolling door. Dengan adanya tambahan pengamanan, pedagang tidak khawatir meninggalkan alat-alat dagang atau barang dagangan yang hendak dijual keesokan harinya.

"Karena bangunan dibangun dengan dana hibah CSR dari perbankan, ketika akan menambah fungsi atau sedikit merubah bentuk pasar ikan, desa harus cermat dan hati-hati," terang dia.

Disinggung terkait peluang peningkatan keramaian pasar ikan jika dikelola oleh pihak dari luar desa, bagaimanapun kondisi saat ini sebisa mungkin terus dikelola oleh pihak-pihak dari internal desa terlebih dahulu. Pihaknya juga belum memikirkan bagaimana model kerjasama jika Pasar Ikan Panembangan dikelola oleh pihak dari luar desa.

"Belum ke arah sana sewa atau retribusi. Yang jelas masih dipakai sendiri dulu," pungkas Anggoro. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: