Meresahkan, Satu ODGJ Asal Kabupaten Batang Diamankan Petugas

Meresahkan, Satu ODGJ Asal Kabupaten Batang Diamankan Petugas

Petugas Satpol PP Cilacap saat hendak memandikan ODGJ sebelum diantar ke Rumah Singgah, Selasa 18 Juli 2023.-Julius Purnomo-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Satu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang biasa berkeliaran di wilayah Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, diamankan oleh Satpol PP Cilacap karena meresahkan warga.

Setelah mendapat laporan, pihak Satpol PP segera menerjunkan petugas sebanyak 6 orang untuk melakukan penjemputan.

"Kebetulan masyarakat bisa mengarahkan ODGJ tersebut ke Kantor Kelurahan, sehingga memudahkan untuk penjemputan," Kata Kasatpol PP Cilacap, Luhur Satrio Muchsin ketika dikonfirmasi Radarmas, Rabu (19 Juli 2023).

BACA JUGA:Sering mengamuk dan Resahkan Warga, Satu ODGJ dievakuasi Satpol PP Cilacap

Kemudian, ODGJ tersebut dibawa ke Kantor Satpol PP Cilacap untuk dimandikan terlebih dahulu, lalu diserahkan ke pihak Dinas Sosial untuk penanganan lebih lanjut.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Cilacap, dan diketahui ODGJ tersebut berasal dari Kabupaten Batang, sehingga dilakukan koordinasi dengan pihak Dinsos Kabupaten Batang agar dilakukan penjemputan," lanjut Satrio.

Sembari menunggu konfirmasi penjemputan dari pihak Dinas Sosial dari Kabupaten Batang, ODGJ tersebut dititipkan di rumah singgah yang dikelola oleh Dinas Sosial Cilacap di Jalan Rajiman.

BACA JUGA:Ruko Pakan Ternak di Limbangan Terbakar Bikin Warga Sekitar Panik

"Setelah di Rumah Singgah, ODGJ tersebut sudah menjadi tanggung jawab Dinas Sosial untuk penanganan lanjutan," beber Satrio.

Setelah proses evakuasi ODGJ, dilakukan sosialiasasi aplikasi Satkartaru SIAP, sekaligus cara penggunaannya. Sehingga masyarakat bisa melapor kejadian apapun melalui aplikasi tersebut.

"Aplikasi itu milik UPT Damkar, saat ini tugas dari Damkar tidak hanya memadamkan kebakaran, melainkan penenganan hewan liar seperti buaya, ulat, dan lain-lain, bahkan penanganan ODGJ juga," pungkas Kasatpol.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: